Studi literatur: status infeksi tuberkulosis dan progresi penyakit hiv / Umi Solekhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi literatur: status infeksi tuberkulosis dan progresi penyakit hiv / Umi Solekhah

Solekhah, Umi (2021) Studi literatur: status infeksi tuberkulosis dan progresi penyakit hiv / Umi Solekhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan HIV salah satunya adalah koinfeksi TB. HIV dan TB keduanya berperan dalam menurunkan fungsi sistem kekebalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan status infeksi TB pada pasien HIV dengan perkembangan/progresi HIV menjadi AIDS serta melihat variasi perkembangan/progresi HIV menjadi AIDS pada pasien HIV yang menderita koinfeksi TB. Artikel penelitian diidentifikasi dari empat database PubMed BMC Public Health Science direct dan ProQuest. Review dilakukan untuk mensintesis temuan pada artikel yang dipublikasi antara Januari 2010- Oktober 2020 dengan protokol dan evaluasi penelitian menggunakan PRISMA. Total 6 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi terdiri atas 4 studi kohort retrospektif dan 2 kohort prospektif. Hasil analisis menemukan ada 4 artikel yang membahas TB/HIV dengan CD4 dan seluruhnya signifikan. Dua artikel mencatat adanya penurunan CD4 pada kelompok TB/HIV dan dua lainnya menemukan peningkatan CD4. Meski terjadi peningkatan dibandingkan dengan kelompok nonTB jumlah CD4 pada koinfeksi TB/HIV cenderung lebih rendah. Pada viral load dua artikel mencatat adanya penurunan namun hanya satu artikel yang menyebutkan adanya perbedaan signifikan namun tidak membandingkan dengan kelompok nonTB. Progresi HIV menjadi AIDS dicatat pada dua artikel dan ditemukan risiko pengembangan pada kelompok TB/HIV lebih tinggi dibandingkan kelompok nonTB. Infeksi TB pada penderita HIV berpengaruh terhadap perkembangan HIV melalui interaksi sistem imun. Penelitian lebih lanjut mengenai infeksi tuberkulosis perkembangan HIV menjadi AIDS perlu meneliti terkait jenis atau lokasi tuberkulosis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262674

Actions (login required)

View Item View Item