Analisis gerak smash forehand terhadap ketepatan sasaran pada atlet bulu tangkis remaja putra PB. Djagung Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis gerak smash forehand terhadap ketepatan sasaran pada atlet bulu tangkis remaja putra PB. Djagung Malang

Ade, Alfan Ibnu (2022) Analisis gerak smash forehand terhadap ketepatan sasaran pada atlet bulu tangkis remaja putra PB. Djagung Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bulu tangkis menjadi olahraga raket yang tercepat di dunia dengan smash bulu tangkis dapat menyebabkan kecepatan shuttlecock mencapai 200 km/j. Pukulan smash terdiri dari gerakan rumit yang membutuhkan koordinasi semua segmen tubuh utama. Terdapat banyak teknik dalam melakukan gerakan pukulan smash dimulai dari footwork pandangan gerakan tangan dan gerakan tubuh. Teknik-teknik tersebut melandasi dari gerakan pukulan smash yang baik dan benar. Tujuan dari analisis gerak smash forehand yaitu untuk mengetahui tingkat ketepatan sasaran yang ditinjau dari prinsip-prinsip biomekanika. Metode penelitian ini menggunakan instrumen berupa sudut siku sudut bahu sudut sendi lutut sudut pukulan dan tinggi titik pukulan yang dianalisis melalui software kinovea. Analisis menunjukan bahwa hal yang memengaruhi akurasi shuttlecock dalam pelaksanaan smash forehand yaitu adalah sudut pukulan yang tidak mendekati 90 sudut siku lengan yang tidak terlalu besar berkisar ge 125 dan mejaga kestabilan kuda-kuda sebelum melakukan smash dengan sudut sendi lutut yang lebih kecil. Faktor lain yang mempengaruhi yaitu tinggi titik pukulan dan lurus atau tidaknya tangan saat raket tumbukan dengan shuttlecock. Dapat disimpulkan bahwa analisis gerak smash forehand tingkat ketepatan pada atlet remaja dipengaruhi oleh faktor sudut siku sudut pukulan dan kestabilan kuda-kuda pada saat melakukan gerakan smash.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262662

Actions (login required)

View Item View Item