Respon penurunan depresi pandemi covid-19 setelah melakukan olahraga rekreasi mendaki gunung / Lailatul Mahfudhoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Respon penurunan depresi pandemi covid-19 setelah melakukan olahraga rekreasi mendaki gunung / Lailatul Mahfudhoh

Mahfudhoh, Lailatul (2021) Respon penurunan depresi pandemi covid-19 setelah melakukan olahraga rekreasi mendaki gunung / Lailatul Mahfudhoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyebaran COVID-19 di Indonesia menyebabkan pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar dengan tujuan memutus penularan virus tersebut. Dampak dari pembatasan sosial berskala besar menyebabkan seseorang harus isolasi mandiri dirumah dengan waktu yang lama. COVID-19 menyebabkan kepanikan seluruh masyarakat dan berdampak buruk bagi kesehatan mental salah satunya adalah depresi. Gangguan depresi dengan waktu yang lama jika tidak ditangani dengat tepat dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Kegiatan olahraga outdoor mendaki gunung dapat digunakan sebagai sarana olahraga rekreasi melatih kardiovaskular dan dapat digunakan sebagai media refreshing untuk penurunan depresi pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui respon penurunan tingkat depresi pandemi COVID-19 setelah melakukan olahraga rekreasi mendaki gunung. Jenis metode penelitian ini menggunakan pre-eksperimental menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design dengan diberikan perlakuan melakukan pendakian Gunung Buthak jalur Panderman sampai puncak dengan ketinggian 2868 MDPL. Subjek penelitian yang digunakan adalah pendaki Gunung Buthak yang mengalami gejala depresi akibat pandemi COVID-19 berusia 17-30 tahun sebanyak 30 orang pendaki yang terdiri 13 perempuan dan 17 laki-laki. Parameter untuk mengukur tingkat depresi pada penelitian ini menggunakan tes Beck Depression Inventory II (BDI II). Pendakian dilaksanakan selama 2-3 hari hingga puncak Gunung Buthak pada ketinggian 2868 MDPL. Analisa dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil uji t pretest dan posttest diperoleh nilai t sebesar 32.357 dengan signifikan sebesar 0 000 lt 0 05. Berarti dari variabel tersebut menunjukkan H0 ditolak dan H1 atau hipotesis diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya penurunan depresi pandemi COVID-19 setelah melakukan olahraga mendaki gunung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262646

Actions (login required)

View Item View Item