Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas 2 semeseter I SMPN 2 Purwosari Kabupaten Pasuruan oleh Elisma Shofiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas 2 semeseter I SMPN 2 Purwosari Kabupaten Pasuruan oleh Elisma Shofiati

Shofiati, Elisma (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas 2 semeseter I SMPN 2 Purwosari Kabupaten Pasuruan oleh Elisma Shofiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMPN 2 purwosari Kabupaten Pasuruana ktivitas dan prestasib elajar biologi yang relatifmasih rendahb erkaitan dengan adanya kecenderungan pola pembelajaran dimana siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran pembelajaran menjadi kurang bermakna dan tidak menarik sehingga berdampak siswa tidak mempunyai gambaran dan pemahaman yangu tuh terhadapk onsepy ang dipelajari. Pembelajarank ooperatif minawarkan beberapa model salah satunya model srAD. Melalui pembelajaran kooperatif model srAD siswa dapat terlibat aktif selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar siswa dengan kernampuan heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas 2 semester I sMpN 2 purwosari Kabqpaten PasuruanP. enelitian ini dilaksanakanp ada semesterI tahun pelajaran 2004n00s yang dilaksanakans elama2 siklus. Setiap siklus sebanyak2 kali pertemuan Penelitianin i dilaksanakanm ulai bulan Juni - oktober 2004. subyef penelitian adalah siswa kelas 2 SMPN 2 Purwosari Kabupaten pasuruan. Jumiah siswa sebanyak 49 orang 34 laki-laki dan 15 perempuan. Data penelitian berupa aktivitas yang dikumpulkan dengan teknik observ asi ca rthn lapangan dan a1 et Data prestasi belajar dikumpulkan dari hasil tes yang dilaicukan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menuqiukkan data aktivitas siswa mengalami peningkatany aitu rata-rataa ktivitas siswa pada siklus I adalah 26 520/o(t ingkat kurang) 25 650/o(t inekat sedang) dzn 47 83o/o(t ingkat baik) dan pada siklus II ada.lah1 7 14%( tingkat kurang) 34 760/o(t ingkar sedang) dan 4g 09o/(oti ngkat b ) Daa qrestasi belajarmenunjukkan perolehan skoi rata-rata pada siklus I adzlah7 4 13d an padas iklus II 95 95.B erdasarkand ata tersebutt eititrat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas danprestasbi elajarb iologi sehinggad apatd igunakaniebagasi aLh satua lternatif modelp embelajarabni ologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26261

Actions (login required)

View Item View Item