Pengembangan Media Pembelajaran “Ala Kulo” Menggunakan ISpring pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di SMP Negeri 6 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran “Ala Kulo” Menggunakan ISpring pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di SMP Negeri 6 Malang

Masruroh, Aizzatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran “Ala Kulo” Menggunakan ISpring pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di SMP Negeri 6 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas dari pembelajaran matematika didukung oleh fasilitias pembelajaran yang memadai untuk peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media yang berfokus pada materi bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok dengan menggunakan iSpring Suite 10. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur kelayakan dan kualitas media dalam membantu peserta didik memahami materi berdasarkan ahli media, ahli materi, dan peserta didik kelas 8 di SMP Negeri 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan 11 peserta didik kelas VIII. Berdasarkan hasil validasi, media yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan skor 3.6. Berdasarkan hasil uji kepraktisan, media memperoleh skor 3.6 sehingga dikategorikan sebagai praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hasil dari uji keefektifan telah me menuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 81,82% dan dikategorikan sebagai efektif untuk membantu peserta didik memahami materi bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:03
Last Modified: 16 Nov 2022 08:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item