Keefektifan penggunaan pembelajaran kooperatif model stad dalam meningkatkan akativitas dan hasil belajar biologi siswa kelas II SMUN I Lawang tahun ajaran 2003/2004 oleh Wiedia Carullina Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan pembelajaran kooperatif model stad dalam meningkatkan akativitas dan hasil belajar biologi siswa kelas II SMUN I Lawang tahun ajaran 2003/2004 oleh Wiedia Carullina Purwanti

Purwanti, Wiedia Carullina (2010) Keefektifan penggunaan pembelajaran kooperatif model stad dalam meningkatkan akativitas dan hasil belajar biologi siswa kelas II SMUN I Lawang tahun ajaran 2003/2004 oleh Wiedia Carullina Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PurwantiW iediaC arullina.2 003.K ee fekitf an Pe nggunaanP e mbe laja ran Kooperatif Model STAD dalam MeningkntkanA ktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas II SMLN I Lawang Tahun Ajaran 2003/2004. Skipsi. JurusanB iologi ProgramS tudiP endidikanB iologi F akultasM atematika danI lmu PengetahuaAnl am UniversitasN egenM alang.P embimbing(I ) Dra. Hj.Sri Endah Indriwati M.Pd. (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata kunci pembelajarakno operatif m odelS TAD a klivitasb elajar h asil belajarb iologi. Aktivitas belajar di sekolah me rupakanta nggungj awab siswa. Sedangkan guru berperan sebagai fasilitator yang menciptakan lingkungan belajar agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Lingkungan belajar yang efektif membantu siswa mencapai kesuksesanb elajar yang ditandai denganp eningkatan hasil belajar.S etiaps uksesy angd iperolehm erupakanre inforcemenyl angm emacu aktivitasb elajars iswaa garm enjadil ebih kuat untukm emperolehs uksesb erikutnya. Tapi kondisi siswa di kelas sangat beragam sehingga guru mengalami kesulitan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Oleh karena itu guru perlu mengupayakan adanya variasi dalam pengelolaan kelas. Salah satunya dengan menerapkamn etodep embelaaj rank ooperatif. Terdapatb anyakm odel dalamm etodep embelajarakno operatif.M odel yang mudah diterapkan luas aplikasinya mengandung wtsur reinforcement dan melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya adalah model STAD (Student Teants Achievement Divisions). Model ini meliputi 5 komponen yaitu penyajian kelas belajark elompok t es/kuis s kork emajuanin dividtl penghargaakne lompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas II SMUN I Lawang tahun ajaran 2003/2004. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitiana dalahs iswak elasI I-10 sebanyak3 7 siswa.M ateri yangd iajarkana dalah Pertumbuhand an Perkembangan.Teknipke ngambiland atanyam enggunakanle mbar observasi tes formatif pedoman wawancara dan catatan lapangan. Penelitian dilaksanakanm ulai tanggal 16 Septembesr ampaid engan9 Oktober2 003. Hasil penelitianp ada siklus I menunjukkanb ahwap ersentasrea ta-ratad ari keempat deskriptor aktivitas belajar yang diamati yaitu menghargai kontribusi mengambil giliran dan berbagi tugas bertanya serta memeriksa ketepatan adalah sebesar 66 31%. Setelah dilakukan perubahan susunan anggota kelompok dan penyajianm ateri persentasera ta-rataa ktivitasb elajar siswap adas iklus II meningkat menjadi 84 750. Selaini tu dari hasilt esf ormatif I dan2 jugam enunjukkana danya peningkatank etuntasanb elajar. Pada siklus I dari 37 siswa sebanyak2 5 siswa menjadi 3l siswa pada siklus II. Hal ini berarti bahwa pembelajarank ooperatif model STAD sangate fektif dalam meningkatkana ktivitas dan hasil belajarB iologi. Data tersebut juga didukung oleh hasil wawancara dengan guru bidang studi dan l0 orang siswa yang dipilih berdasarkaank tivitasd anh asilb elajarnya (3 orang dari kelompok atas 4 orang dari kelompok tengah dan 3 orang dari kelompokb awah).H asilnyam enunjukkanb ahwa para siswam enanggapdi engan senangp embelajarank ooperatifm odel STAD. Begitu pula guru bidangs tudi yang ingin menerapkanm odel ini padak onsepy ang lain. Sedangkahna l-haly angt erkait denganp enelitiann amunb elum tercantumd alaml embaro bservasim isalnyas iswa yang tidak hadir dan situasis aatk egiatanb elajarm engajarb erlangsungd iperoleh dari catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ada beberapa saran yang perlu dikemukakand alamm eningkatkana ktivitasd an hasil belajarB iologi yaitu l) perlu dilalekan perubahans usunana nggotak elompok setiapa khir konsepa gars iswat idak merasaje nuh 2) penyajianm ateri pelajaranh endaknyad iberikans ecarab ervariasi 3) hendaknyag uru memberikans oal tes denganm emperhitungkanti ngkat kogrritif yangb erbeda 4)h endaknyag uru memvariasikanm odel STAD denganp ennalnan (TGT) atau STAD dengant ugasp royek (Kelompok Investigasi) 5 ) hendaknyas etiap guru bidang studi melaksanakank egiatan belajar mengajar sesuaij adwalnya sehinggap ergantianjamp elajaranti dak mengganggujadwaple lajaranb

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item