Pengembangan aplikasi informasi pariwisata dan budaya di Ubud berbasis aplikasi mobile dengan pendekatan metode design sprint / Rizky Akmaluddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi informasi pariwisata dan budaya di Ubud berbasis aplikasi mobile dengan pendekatan metode design sprint / Rizky Akmaluddin

Akmaluddin, Rizky (2022) Pengembangan aplikasi informasi pariwisata dan budaya di Ubud berbasis aplikasi mobile dengan pendekatan metode design sprint / Rizky Akmaluddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari 34 provinsi di Indonesia Bali merupakan objek wisata paling diminati wisatawan mancanegara. Sejak itu Ubud telah dipuji sebagai salah satu daerah terbaik di dunia. Nuansa indah Ubud serta adanya pemandangan persawahan yang subur menambah keindahan alamnya termasuk dengan adanya wisata alam wisata buatan kuliner religi dan publik servis. Berdasarkan data BPS Kab. Gianyar rata rata pengunjung di Bali selama 6 Tahun (2015-2020) sejumlah 3.138.205 wisatawan. Berdasarkan data yang didapat pada tahun 2020 pendapatan PHR telah berkontribusi sebesar 2 07 triliun. Meskipun memiliki prospek yang cukup bagus dan potensi sumbangsih yang besar bagi pendapatan negara dampak dari adanya covid 19 menyebabkan mulainya penurunan kunjungan wisata di setiap daerah. Berdasarkan data pusat Statistik Kab. Gianyar pada Tahun 2020 tercatat mengalami penurunan sebesar 91 12% atau hanya 571.000 wisatawan yang berkunjung pada tahun 2020. Sehingga cukup mengalami penurunan yang signifikan dari tahun 2019 yang berjumlah 5.070.000 wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode design sprint dengan 5 tahapannya yaitu understand untuk menentukan identifikasi masalah dan mendefinisikan kebutuhan pengguna tahap kedua adalah diverge yaitu melakukan brainstorming atau memaparkan sebanyak mungkin ide untuk menghasilkan solusi yang baru dengan menggunakan metode crazy eight tahap ketiga yaitu decide ide desain yang dihasilkan tersebut dilengkapi dengan skenario ke sebuah story board tahap keempat prototype yaitu dengan membangun prototype aplikasi berdasarkan storyboard yang sudah dirancang dan tahap kelima yaitu validate yang dilakukan oleh 5 calon pengguna mendapatkan nilai SUS yaitu 82 termasuk kedalam nilai A dengan keterangan Excellent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262555

Actions (login required)

View Item View Item