Perancangan buku multimedia interaktif sanggar doka tawa tana menggunakan metode design sprint / Yushivan Rendi Harviansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku multimedia interaktif sanggar doka tawa tana menggunakan metode design sprint / Yushivan Rendi Harviansyah

Harviansyah, Yushivan Rendi (2022) Perancangan buku multimedia interaktif sanggar doka tawa tana menggunakan metode design sprint / Yushivan Rendi Harviansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain yang dilakukan oleh sekelompok orang ataupun perseorangan pada jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk berwisata yang memerlukan perencanaan sebelumnya. Hal ini didukung dengan kemajuan teknologi saat ini salah satunya yaitu teknologi multimedia yang termasuk dalam teknologi informasi. Teknologi multimedia ini telah memberikan kontribusi yang signifikan pada bidang pariwisata dengan menghasilkan kemampuan untuk mempromosikan dan mengembangkan objek wisata di lokasi manapun dengan lebih mudah lebih sedikit biaya dan lebih fleksibel. Salah satu objek wisata yang tengah berkembang dikala kemajuan teknologi saat ini yaitu Sanggar Doka Tawa Tana. Sanggar ini merupakan salah satu objek wisata unggulan di provinsi NTT yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Namun akibat terjadinya covid-19 jumlah wisatawan yang berkunjung menurun secara drastis. Tetapi pada tahun 2021 jumlah wisatawan yang berkunjung mulai mengalami peningkatan. Sehingga dalam penelitian ini dikembangkannya buku multimedia interaktif berbasis EPUB untuk mempromosikan serta menyediakan informasi-informasi terbaru bagi calon wisatawan terkait Sanggar Doka Tawa Tana. Pada penelitian ini menggunakan kerangka kerja metode design sprint yang terdiri dari 5 yaitu understand diverge decide prototype dan validate. Dimana pada tahap understand dilakukan survey dengan pembagian kuesioner kepada 100 orang untuk memahami kondisi saat ini serta permasalahan yang akan diangkat. Tahap kedua merupakan tahap pengembangan ide-ide yang dirasa dapat menyelesaikan permasalahan yang diangkat dimana terdapat 4 langkah dalam pengembangan ide pada tahap ini yaitu catatan ide crazy 8 dan sketsa. Setelah itu pada tahap ketiga dilakukan pengambilan keputusan menggunakan teknik zenvote untuk memilih ide terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Pada tahap prototype ide terbaik yang terpilih akan mulai dirancang menjadi prototype berformat EPUB dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Langkah yang pertama yaitu pembuatan desain rancangan awal prototype. Langkah kedua evaluasi dari pihak terkait desain rancangan awal prototype yang telah dibuat. Langkah ketiga desain prototype yang telah dievaluasi serta diperbaiki akan mulai diimplementasikan menjadi prototype menggunakan software Adobe inDesign. Langkah terakhir mengevaluasi kembali prototype yang telah dibuat. Tahap terakhir pada design sprint yaitu validate dimana pada tahap ini prototype akan divalidasi oleh ahli dan target pengguna. Dan hasil yang didapat dalam pengujian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262552

Actions (login required)

View Item View Item