Analisis kinerja klasifikasi buku cerita rakyat indonesia menggunakan metode random forest / Fentyka Ayu Rosyani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja klasifikasi buku cerita rakyat indonesia menggunakan metode random forest / Fentyka Ayu Rosyani Putri

Putri, Fentyka Ayu Rosyani (2021) Analisis kinerja klasifikasi buku cerita rakyat indonesia menggunakan metode random forest / Fentyka Ayu Rosyani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memilih cerita rakyat Indonesia berdasarkan jenjang pendidikan perlu dilakukan agar anak dapat memahami isi atau pesan yang terkandung di dalamnya. Dalam proses pemilihannya tenaga pendidik perlu memperhatikan berbagai aspek seperti aspek isi bahasa grafik dan sebagainya yang telah diatur pada buku panduan perjenjangan. Hal ini menjadikan kesulitan tersendiri bagi tenaga pendidik karena harus paham betul aspek-aspek tersebut agar dapat memberikan bacaan yang tepat untuk anak. Guna memudahkan pemilihan cerita rakyat penulis mengusulkan solusi berupa klasifikasi cerita rakyat Indonesia menggunakan algoritma Random Forest. Dataset yang digunakan sebanyak 190 buku cerita rakyat yang diterbitkan oleh Kemendikbud pada tahun 2016 dan 2017. Kinerja dari algoritma random forest terbaik ditunjukkan dari nilai akurasi yang tinggi dan nilai OOB error yang rendah. Skenario terbaik berada di skenario ntree 250 mtry 5 splitting atribut gini index dan penggunaan resampling SMOTE. Tingkat keberhasilan dari skenario tersebut dalam melakukan klasifikasi cerita rakyat Indonesia berdasarkan jenjang pendidikan adalah sebesar 87.80% dari segi akurasi dan menghasilkan nilai OOB error yang terbilang rendah yakni sebesar 15.45%. Hal ini juga didukung dengan alat ukur lainnya yaitu presisi 88.96% recall 87.88% f1-score 87.67% time 0.539 detik yang terbilang stabil dan efisien dalam hal melakukan prediksi buku cerita rakyat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa random forest dapat diimplementasikan dalam melakukan klasifikasi cerita rakyat Indonesia berdasarkan jenjang pendidikan dengan performa yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262549

Actions (login required)

View Item View Item