Perancangan prototipe desain ui aplikasi pencari developer dengan metode lean ux / Edward Mesak Dua Padang - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan prototipe desain ui aplikasi pencari developer dengan metode lean ux / Edward Mesak Dua Padang

Padang, Edward Mesak Dua (2021) Perancangan prototipe desain ui aplikasi pencari developer dengan metode lean ux / Edward Mesak Dua Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi telah mendorong perusahaan-perusahaan rintisan ataupun bisnis konvensional untuk terus berinovasi dengan media teknologi. Untuk mendukung inovasi tersebut diperlukan tenaga ahli IT seperti developer untuk dapat mewujudkannya. Namun cara merekrut developer konvensional tidak dapat membantu perusahaan menemukan developer yang tepat (skill-mismatch). Alternatif lain seperti marketplace freelancer di Indonesia yaitu Sribulancer dan projects.co.id juga tidak dapat memenuhi kebutuhan programmer yang tepat karena merupakan pasar bebas yang tidak dikhususkan untuk mencari programmer/developer. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan marketplace khusus freelancer developer dengan metode Lean UX serta menguji keefektifan dari keterlibatan pengguna dalam pengembangan prototipe. Tahapan dari metode Lean UX terdiri dari membuat asumsi menciptakan hipotesis melakukan eksperimen menggali feedback dan research. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah prototipe aplikasi pencari developer berbasis web yang diujicoba kepada pengguna melalui eksperimen secara langsung dengan metode evaluasi usability testing. Dari proses eksperimen didapatkan feedback dari pengguna dengan total skor usability sebesar 75 dan feedback kualitatif berupa rekomendasi perbaikan prototipe. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu telah dirancangnya prototipe aplikasi pencari dengan metode Lean UX untuk mengatasi masalah tidak efektifnya proses rekrutmen developer menggunakan lowongan pekerjaan dan marketplace (Sribulancer dan Projects.co.id). Sebagai solusi baru prototipe tersebut telah dianggap efektif dan sesuai kebutuhan pengguna berdasarkan kategori acceptable dari skor usability testing sebesar 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262542

Actions (login required)

View Item View Item