Penerapan sistem monitoring jarak jauh berbasis internet of things untuk budidaya ikangurami / Danny Mayrawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan sistem monitoring jarak jauh berbasis internet of things untuk budidaya ikangurami / Danny Mayrawan

Mayrawan, Danny (2022) Penerapan sistem monitoring jarak jauh berbasis internet of things untuk budidaya ikangurami / Danny Mayrawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Air merupakan habitat asli dari ikan gurami. Namun sumberdaya air yang terkandung dapat mengalami perubahan kualitas yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan. Pada wilayah Kabupaten Blitar masih terdapat pencemaran air yang disebabkan oleh detergen dari limbah rumah tangga kandungan dtergen yang mengkontaminasi air lebih dari 5% dapat membunuh benih ikan gurami Standart kualitas air untuk budidaya ikan gurami harus memenuhi syarat hidup ikan sehingga ikan gurami dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Beberapa parameter yang harus diperhatikan dalam penentuan kualitas air terdapat tiga parameter penting diantaranya pH suhu dan kekeruhan. Usaha budidaya ikan air tawar moayoritas petani ikan memonitoring kualitas air masih dilakukan dengan cara konvensional atau manual dalam pengumpulan data dengan mengandalkan kemampuan dan firasat manusia untuk mengumpulkan data sampel air dan kemudian menganalisanya hal ini sangat menguras waktu dan tenaga sehingga tidak efektif danefisien apabila terus dilakukan. Dengan ini penulis menawarkan solusi berupa perancangan dan pembuatan alat monitoring kualitas air berbasis IoT sehingga mempermudah petani ikan dalam memonotoring kulitas air.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262538

Actions (login required)

View Item View Item