Perancangan sistem kontrol dan monitoring smart pjuts berbasis mikrokontroler / Yogi Sastra Surya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan sistem kontrol dan monitoring smart pjuts berbasis mikrokontroler / Yogi Sastra Surya

Surya, Yogi Sastra (2022) Perancangan sistem kontrol dan monitoring smart pjuts berbasis mikrokontroler / Yogi Sastra Surya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerang jalan umum tenaga surya (PJUTS) sudah banyak diterapkan khususnya di Indonesia pada tahun 2018 sudah terpasang PJUTS sebanyak 252.552 di 16 provinsi (data kementrian ESDM dari program LTSHE ). Dari permasalahaan yang sering dihadapi PJUTS yang sudah terpasang penulis membuat perancangan sistem kontrol dan monitoring smart PJUTS berbasis mikrokontroler. Alat ini dirancang mampu mengontrol tingkat penerangan lampu PJUTS berdasarkan jumlah kendaraan yang melintas daya baterai dan intensitas cahaya. Alat ini dilengkapi dengan sistem menitoring yang dapat mementau tegangan dan arus baterai output panel surya lokasi pemasangan dan keramaian lalulintas daya lampu dan status lampu serta memantau penggunaan daya secara harian bulanan dan tahunan. Sistem ini menggunakan kontroler Arduino nano sebagai kontrol utama modul NodeMCU Esp8266 Wifi sebagai transfer data ke data baseweb Gps GY NEOMV2 untuk melacak lokasi PJUTS. Dari hasil pengujian kontrol pembacaan sensor LDR membaca tingkat pegerakan diatas 50 s maka lampu akan menyala terang pada saat sensor LDR membaca tingkat kepadatan diatas 25-49 s maka output lampu akan menyala sedang. pada saat sensor pergerakan kepadatan antara 1-24 s maka lampu akan menyala redup dengan pembacaan sensor yaitu 259-282 LUX. Sistem monitoring juga mampu menampilkan data sesuai dengan data base daya di peroleh dari alat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262535

Actions (login required)

View Item View Item