Lingkungan alami sekolah sebagai media belajar dalam peningkatan pemahaman konsep biologi pokok bahasan ekologi siswa kelas I semester II SMUN Gending Kabupaten Probolinggo oleh Mamik Suryaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Lingkungan alami sekolah sebagai media belajar dalam peningkatan pemahaman konsep biologi pokok bahasan ekologi siswa kelas I semester II SMUN Gending Kabupaten Probolinggo oleh Mamik Suryaningsih

Suryaningsih, Mamik (2010) Lingkungan alami sekolah sebagai media belajar dalam peningkatan pemahaman konsep biologi pokok bahasan ekologi siswa kelas I semester II SMUN Gending Kabupaten Probolinggo oleh Mamik Suryaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SuryaningsihM amik. 2003.L ingkunganA lami Sekolahs ebagaiM edia Belalar dalam PeningkatanP emahamanK onsepB ktlogi pokok Bohasan Ekologi Siswa Kelas I Semester II SMLIN I Gending Kabupaten Probolinggo. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.pd (II) Drs. FatchuRr ohmanM. .Si. Kata-katak unci tumbuhan sekitar media belajar peningkatanp emahaman ekologi. SMTIN I Gending Kabupaten Probolinggo dipilih sebagai tempat penelitiank arenal etaknyas trategisd an alam sekitarnyay ang alami menunjang untukd imanfaatkanse bagalio kasip engamatadna lamp embelajaraenk ologi. Untuk dapat meningkatkanp emahamank onsep biologi pokok bahasan ekologi maka pada penelitian tindakan kelas ini dilakukan upaya memanfaatkan tumbuhans ekitars ekolahs ebagami ediab elajarnyap. enelitiant indakank elasi ni dilakukan dalam tiga siklus pembelajaranp ada tanggal3 l Maret - 30 April masing-masings iklus diikuti dengant indakan refleksi. Subyek penelitiannya adalahs iswak elas l-1 SMUN I GendingK abupatenp robolinggoy angb erjumlah 40 orang. Hasil analisisd ata diperolehk eberhasilanb elajar pada siklus I sebesar 70%op adas iklus II sebesa8r 5% dan pada siklusI II sebesa9r 2 5o/oH. al ini menunjukkana danyap eningkatank onsepb iologi pokok bahasane kologi yang cukupb aik padas iswad ari siklus I II dan siklus III sehinggali ngkungana lami sekolahd apatd imanfaatkand alam peningkatanp emahamank onsepb iologi pokok bahasane kologip adas iswa. Berdasarkanh asil penelitian maka dapat disarankanh al-hal sebagai berikut (l) kepadap emerintahu ntuk tidak membangung edunga tau bengunan lainnyad i tempat-tempatyangb isa digunakans ebagasi inau wisata ( 2)kepada guru-guruu ntuk meningkatkanp elatihanP TK (PenelitianT indakanK elas) agar mampu mengatasim asalahd alam prosesp embelajarannyad an (3) para peneliti diharapkan untuk berminat meninjau aspek lain yang berkaitan dengan pemanfaatank eberadaantu mbuhan sekitar sekolah dalam pembelajaranb iologi sehinggad apatm emperkaykah asanahk eilmuwanm ereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26253

Actions (login required)

View Item View Item