Daktilitas balok beton gradasi bertulangan tunggal dengan variasi lebar dan tinggi penampang / Salzabil Arifurrizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Daktilitas balok beton gradasi bertulangan tunggal dengan variasi lebar dan tinggi penampang / Salzabil Arifurrizal

Arifurrizal, Salzabil (2021) Daktilitas balok beton gradasi bertulangan tunggal dengan variasi lebar dan tinggi penampang / Salzabil Arifurrizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum sifat material beton yaitu memiliki nilai kuat tekan tinggi namun memiliki nilai kuat tarik rendah. Namun sebaliknya tulangan baja memiliki nilai kuat tarik yang tinggi. Pada elemen struktur balok pada saat terjadi pembebanan aksial terjadi gaya tekan yang tinggi pada area serat atas balok dan gaya tarik pada area serat bawah balok. Selama ini komponen material beton sebagai penyusun balok digunakan dengan mutu seragam. Beton gradasi muncul dilandaskan oleh pemikiran bahwa seharusnya penggunaan material beton dioptimasi sesuai dengan perilaku elemen struktrur yang digunakan. Yang dimaksud teknologi beton gradasi adalah gradasi mutu di mana menggunakan 2 mutu beton yang berbeda yang menempatkan mutu beton tinggi pada area serat tekan dan mutu rendah pada area serat tarik sesuai perilaku struktur dalam kasus ini yaitu pada elemen struktur balok. Terdapat 3 kondisi untuk mendesain rasio tulangan pada elemen struktur balok yaitu kondisi under-reinforced over-reinforced dan kondisi balance. Namun desain under-reinforced lebih dianjurkan karena lebih aman. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi tulangan yang berdeformasi secara besar sebelum beton hancur lebih ldquo menguntungkan rdquo dikarenakan dapat dijadikan suatu tolak ukur atau peringatan sebelum balok collapse. Pengaplikasian beton gradasi pada desain balok beton under reinforced diharapkan mampu mereduksi biaya konstruksi namun tetap menghasilkan performa struktur yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa capaian beban pada saat retak pertama untuk spesimen balok beton gradasi memiliki nilai capaian beban yang lebih rendah jika dibandingkan dengan balok beton konvensional hal ini karena adanya perbedaan mutu beton penyusun balok gradasi. Desain penulangan balok beton gradasi under reinforced dianjurkan didesain terhadap mutu tingginya dengan penambahan biaya yang tidak besar namun dapat meningkatkan kapasitas capaian beban. Pola retak yang terjadi pada balok beton gradasi lebih banyak pada area serat bawah balok jika dibandingkan dengan balok konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262522

Actions (login required)

View Item View Item