Studi numerik perilaku lentur balok beton gradasi bertulangan tunggal dan rangkap / Rizal Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi numerik perilaku lentur balok beton gradasi bertulangan tunggal dan rangkap / Rizal Maulana

Maulana, Rizal (2022) Studi numerik perilaku lentur balok beton gradasi bertulangan tunggal dan rangkap / Rizal Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan konsep beton gradasi ke dalam balok beton bertulang merupakan inovasi untuk menciptakan elemen struktur yang lebih ekonomis dan fungsional. Salah satu yang mempengaruhi perilaku balok ditentukan oleh konfigurasi penulangan yang digunakan. Studi terkait gradasi mutu beton rasio dimensi dan rasio pembesian telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Namun studi terkait perilaku lentur antara balok gradasi bertulangan tunggal terhadap balok gradasi bertulangan rangkap belum dijalankan. Investasi perilaku lentur balok gradasi dengan konfigurasi penulangan tunggal dan rangkap perlu dilakukan karena balok gradasi memiliki kecendurangan untuk mengalami kegagalan geser dan agar didapatkan desain yang optimum untuk balok gradasi. Untuk penyelidikan lebih lanjut dilakukan analisis (1) hubungan beban lendutan (2) daktilitas (3) respon regangan beton dan tulangan baja (4) momen-kurvatur (5) tegangan penampang dan (6) pola kegagalan. Studi numerik ini menggunakan 18 spesimen balok yang terbagi ke dalam tiga rasio bentang geser 2.5 4.25 dan 6. Dalam hal ini terdapat balok kontrol dan gradasi dengan konfigurasi tulangan tunggal dan rangkap. Studi menggunakan aplikasi Abaqus CAE 2020 dengan pembebanan four point bending. Hasil penelitian menunjukkan bahwa balok gradasi yang menggunakan tulangan rangkap menghasilkan capaian beban lebih tinggi daripada balok gradasi bertulangan tunggal. Meningkatnya bentang geser mengakibatkan peningkatan capaian beban akibat konfigurasi penulangan semakin besar berturut-turut 69% 84% dan 88%. Daktilitas yang dihasilkan balok gradasi bertulangan rangkap lebih tinggi daripada balok gradasi bertulangan tunggal hingga mencapai 33.81%. Rasio bentang geser tidak mempengaruhi capaian daktilitas dari balok beton. Penggunaaan tulangan rangkap pada balok bertulang menghasilkan capaian regangan saat retak pertama lebih kecil daripada balok bertulangan tunggal. Namun regangan ultimit yang dihasilkan lebih besar. Peningkatan momen yang dihasilkan balok gradasi bertulangan rangkap lebih besar hingga mencapai 87.65%. semakin kecil (a/d) momen yang dihasilkan semakin kecil. Tinggi daerah tekan balok gradasi dengan konfigurasi tulangan rangkap lebih rendah dengan selisih hingga mencapai 14.21% daripada balok gradasi bertulangan tunggal. Pola kegagalan yang dihasilkan balok bertulangan rangkap lebih terkonsetrasi pada kegagalan lentur daripada balok gradasi bertulangan tunggal. Semakin besar rasio bentang geser retak yang terbentuk semakin terpusat pada area lentur murni. Dengan demikian desain balok gradasi bertulangan rangkap memberikan kinerja lebih optimum daripada balok gradasi dengan konfigurasi tulangan tunggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262506

Actions (login required)

View Item View Item