Analisis pemilihan moda transportasi bus atau kereta api rute Surabaya – Malang selama pandemi dengan metode ahp / Ach. Abdan Syakuro - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemilihan moda transportasi bus atau kereta api rute Surabaya – Malang selama pandemi dengan metode ahp / Ach. Abdan Syakuro

Syakuro, Ach. Abdan (2022) Analisis pemilihan moda transportasi bus atau kereta api rute Surabaya – Malang selama pandemi dengan metode ahp / Ach. Abdan Syakuro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jenis pemilihan moda transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat dengan rute perjalanan Surabaya-Malang adalah bus dan kereta api kelas ekonomi. Akibat pandemi Covid-19 kebutuhan transportasi umum mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik penumpang dan faktor prioritas pilihan penumpang dalam memilih transportasi bus ekonomi atau kereta api ekonomi selama pandemi berlangsung dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Prinsip AHP dalam melakukan analisis yaitu decomposition comparative judgement synthesis of priority dan logical consistency. Tahapan analaisis AHP dengan cara menentukan masalah dan tujuan penelitian kemudian membandingkan antar kriteria dan antar perbandingan alternatif yang diolah menggunakan microsoft excel serta didapatkan tujuan akhir berupa rangking prioritas berupa alternatif yang digunakan. Penelitian dilaksanakan pada saat PPKM level 3 dengan jumlah responden sebanyak 200. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik penumpang bus rata- rata berjenis kelamin laki laki sebesar 61% dengan tingkat pendidikan lulusan SMA sebesar 64% dan tidak berpenghasilan sebesar 54% serta bekerja sebagai pelajar atau mahasiswa sebesar 42% yang berusia rata ndash rata 17 sampai 25 tahun sebesar 57%. Akses menuju terminal paling banyak menggunakan ojek online sebesar 42% dengan tujuan perjalanan pendidikan sebesar 33%. Frekuensi perjalanan selama satu bulan adalah satu sampai dua kali sebesar 70% dan biaya pengeluaran rata- rata kurang dari Rp 100.000 sebesar 74% serta jumlah barang yang dibawa hanya satu barang sebesar 50%.Sedangkan karakteristik penumpang kereta api yang dimulai dari Stasiun Gubeng didapatkan penumpang rata ndash rata berjenis kelamin perempuan sebesar 54% dengan tingkat pendidikan lulusan SMA sebesar 50% dan tidak berpenghasilan sebesar 55% serta bekerja sebagai pelajar atau mahasiswa sebesar 45% yang berusia rata- rata 17 sampai 25 tahun sebesar 62%. Akses menuju Stasiun Gubeng menggunakan ojek online sebesar 68% dengan tujuan perjalanan pariwisata sebesar 31%. Frekuensi perjalanan selama satu bulan paling banyak adalah satu sampai dua kali sebesar 59% dan biaya pengeluaran kurang dari Rp 100.000 sebesar 65% serta jumlah barang yang dibawa dua sampai tiga barang sebesar 48%. Hasil analisis data menggunakan AHP diperoleh faktor yang paling berpengaruh dalam pemilihan moda adalah kenyamanan dengan bobot prioritas sebesar 39 3% posisi kedua keamanan 27 9% biaya 16 1% skedul 10 4% dan waktu perjalanan dengan bobot 6 3%. Moda terbaik pilihan penumpang berdasarkan kriteria yang ada adalah kereta api dengan bobot 59 8% sedangkan bus kurang diminati dengan bobot 40 2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 03:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262494

Actions (login required)

View Item View Item