Pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan keterampilan bertanya guru untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi konsep ekosistem siswa kelas 1 semester II SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Puji Wahantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan keterampilan bertanya guru untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi konsep ekosistem siswa kelas 1 semester II SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Puji Wahantoro

Wahantoro, Puji (2010) Pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan keterampilan bertanya guru untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi konsep ekosistem siswa kelas 1 semester II SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Puji Wahantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABli I RAK WahantoroP uji. 2003.l )enthelajurund enganM enggunukapne ta Konseptl an Keterampilan Bertanya (iuru wiluk Meningkatkan Molivasi dan prestasi Belajar Biologi Kon seplik osistemS isu aK clasI SemesteIri SLTp Laboratorium( lniversitasN ege iM ukmg.S kripsi J urusanp endidikan Biologi F MIPAU niversitaNs egeriM alang.P embimbing(l ) Dra. HerawatSi usilo M.Sc Ph.(Dll). D rs.I brohim.M.Si. Kata kunci P embelajarabnio logi p etak onsepk eterampilabne rtanyam otivasi belajarp restasbi elajar. _ Metodey angd iterapkaonl ehg urua dalahs alahs atuf aktory ang berpengarutehr hadap restasbi elajars isv ap. embelajarabnio logim embutuhkan suatum etodey angd apatm erangsansgis wau ntukm eningkatkakne terampilan berpikirnyad ana ktif menemukakno rrsespe hinggialm u merekad apatb ertahan lama.M etodep embelajaradne ngann ienggunakapne tak onsepd arrk eterampilan bertanyag urud i dugam erupakamn etodep embelajarayna ngd apatm encapai tujuan tersebut. Penelitiainn i bcrtujua(n l ) untukm engctahpuei ningkatamno tivasbi elajar biologis iswak elasI SLTPL aboratoriumU niversitaNs egeriM alangy ang menggunakapne tak onsepd ank eterampilabne rtanyag urud alam pembeafj arannya(2 ) untukm engetahupie ningkatapnr estasbi elajarb iologis iswa kelasI SL I PL aboraioriumU niversitaNs egeriMaranygu ogr .nggunakanp eta konsepd ank eterampilabne rtanyag urud alamp embelajarannya. . Jenisp enelitiayna ngd igunakacni alamp enelitiainn i adalahp enelitian tindakank elasP. enelitianin i dilakukand cngan5 x pertemuadna lam3 siklus.T iap siklusm encaku4p tahapk egiatany a tu ( l) persiapatnin dakan( 2 ) pelaksanaan tindakan( 3 ) observasdi a n( 4) analisisd anr efleksiT. eknika nalisijd atay ang digunakayna itu (l) reduksdi ata ( 2) paparand ata ( 3) kesimpulanv e rifilasidan refleksiT. indakany angd iberikany aitu nelengkappie tak oniepy angb elum lengkapp adas iklusI mempresentasikapne tak onsepb uatans iiwa sicara individup adas iklusI I danm empresentasikpaent ak onseph asild iskuski elompok pada siklus IIL Padas iklusI siswad apatm enjawabo ertanyaagnu rus etelahm embuka buku paket.S iswah anyad iam ketikag urum emberik esempataunn tukb enanya. Peta konsep buatan siswa hampir salna semua. Padas iklusI I siswam ulai beranir nengungkapkapne ndapatJ.u mlahs iswa yangm enge akanp etak onsepm eningkadt ibandingkadne ngans iklus sebelumnyaD. ari hasilt esf ormatif I diperolehs korr ata-ratas iswas ebesa7r 0 73 dengan5 6 1%s isway angm encapakie tuntasabne lajar. Padas iklusI II siswat ampakl etih aktif dalamp embelajarans.i swas ering bertanyam engenami ateriy angk urangd ipahamid anm engemukakajanw aban alasp rtanyaagnu ru.P embuatapne tak onseps iswajugas emakinb aik yang ditunjukkand engana danyap eningkatann ilai petak oniepd ari hasild iskusi kelompokD.a rih asitl esf ormatiIfl dipenrleshk orr ata-ratsais was ebesa7r7 14 denga8n8 04%si sway angm encapkaei tuntasabne lajadr anp adate sf ormatiflj

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26248

Actions (login required)

View Item View Item