Pengaruh penerapan contextual teaching and learning dengan model pembelajaran kooperatif numbered heads together terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs Surya Buana Malang / Fevvin Madriasih Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan contextual teaching and learning dengan model pembelajaran kooperatif numbered heads together terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs Surya Buana Malang / Fevvin Madriasih Utami

Utami, Fevvin Madriasih (2010) Pengaruh penerapan contextual teaching and learning dengan model pembelajaran kooperatif numbered heads together terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs Surya Buana Malang / Fevvin Madriasih Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Contextual Teaching and Learning Numbered Heads Together motivasi belajar hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru Biologi pada tanggal 25 Januari 2010 menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi di MTs Surya Buana belum pernah menerapkan CTL-NHT. Pembelajaran yang dilakukan cenderung menggunakan metode ceramah dibantu dengan media tayangan LCD. Pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum terkadang dilakukan tetapi belum mampu mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar siswa. Hasil wawancara dengan guru juga diperkuat dengan observasi pada Februari sampai dengan Maret 2010. Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah. Rendahnya motivasi belajar ditunjukkan dengan kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran ketidakpuasan siswa terhadap hasil belajar rendahnya rasa percaya diri dan kekurangmampuan siswa dalam menghubungkan konsep yang diperoleh dalam pembelajaran Biologi dengan konsep yang diperoleh dari pembelajaran yang lain serta kehidupan nyata siswa. Salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah penggunaan CTL-NHT di dalam pembelajaran. Variasi pembelajaran dengan menggunakan CTL-NHT diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Penelitian ini dilakukan di MTs Surya Buana Malang semester genap 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Surya Buana Malang Kelas VII tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 25 orang dan siswa kelas VII B yang berjumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pre test post test. Data motivasi dan hasil belajar yang diperoleh dari hasil pre tes dan post tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran CTL-NHT berpengaruh meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VII MTs Surya Buana dengan nilai probabilitas CTL-NHT 0 024 atau kurang dari 0 05. Pembelajaran CTL-NHT berpengaruh meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII MTs Surya Buana dengan nilai probabilitas CTL-NHT 0 027 lebih kecil dari 0 05. Pembelajaran CTL-NHT berpengaruh meningkatkan hasil belajar afektif siswa kelas VII MTs Surya Buana dengan nilai probabilitas CTL-NHT 0 042 atau kurang dari 0 05. Pembelajaran CTL-NHT tidak berpengaruh meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa kelas VII MTs Surya Buana dengan nilai probabilitas CTL-NHT 0 89 atau lebih dari 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ii pembelajaran dengan CTL-NHT berpengaruh meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di atas pembelajaran dengan CTL-NHT terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran biologi di sekolah. Selain itu pada penelitian ini pendekatan pembelajaran yang dipakai adalah CTL dengan model pembelajaran kooperatif NHT maka dapat dicobakan pendekatan dan model pembelajaran lain misalnya Inside-outside-circle bamboo dancing the power of two point-counter-point untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26245

Actions (login required)

View Item View Item