Sintesis dan karakterisasi manganese zinc ferrite (mn0,5 zn0,5fe2o) dengan variasi waktu sintering / AHMAR ABIYAD - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi manganese zinc ferrite (mn0,5 zn0,5fe2o) dengan variasi waktu sintering / AHMAR ABIYAD

Abiyad, Ahmar (2021) Sintesis dan karakterisasi manganese zinc ferrite (mn0,5 zn0,5fe2o) dengan variasi waktu sintering / AHMAR ABIYAD. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmar Abiyad. 2020. Sintesis dan Karakterisasi Manganese Zinc Ferrite (Mn0 5 Zn0 5 Fe2O4) dengan Variasi Waktu Sintering. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Heru Suryanto S.T. M.T. (2) Aminnudin S.T. M.T. Kata Kunci Manganese Zinc Ferrite morfologi Co-precipition Sintesis stirring time sintering. Karakterisasi fasa dan morfologi serbuk manganese zinc ferrite (MnZnFe2O4) bertujuan untuk memperkecil ukuran butir MnO ZnO dan Fe2O3 dari ukuran mikro menjadi ukuran nano menggunakan metode Co-precipition dengan variasi waktu sintering. Co-precipition merupakan metode sintesis yang sederhana dan sudah teruji dalam mensintesiskan berbagai macam material oksida berukuran mikro menjadi nano. Sintering time merupakan teknik yang dilakukan dalam proses sintesis untuk memperbaiki susunan partikel material dengan suhu diatas suhu normal. Suhu yang digunakan dalam proses sintering 1000 ordm C. Material uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah manganese oxide (MnO) zinc oxide dan Iron oxide Fe2O3. MnO ZnO dan Fe2O3 yang dipilih berbentuk serbuk berukuran mikro merupakan inovasi baru untuk menghasilkan material oksida berukuran nano dimana proses yang lazim digunakan dalam proses Co-precipition menggunakan solvent atau pelarut dengan material oksida campuran untuk menghasilkan material oksida. Pelaksanaan penelitian dilakukan di laboratorium Nano Reaearch and Advaced Meterials Universitas Negeri Malang dan laboratorium Bersama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data berupa data tabel grafik dan morfologi. Temperatur sintering yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 1000 ordm C dengan variasi waktu 120 menit 180 menit dan 240 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262437

Actions (login required)

View Item View Item