Pengaruh inovasi daerah terhadap kemiskinan (studi kasus inovasi Gandeng Gendong kota Yogyakarta) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inovasi daerah terhadap kemiskinan (studi kasus inovasi Gandeng Gendong kota Yogyakarta)

Okuputra, Muhammad Adryan (2021) Pengaruh inovasi daerah terhadap kemiskinan (studi kasus inovasi Gandeng Gendong kota Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemiskinan masih menjadi salah satu permasalahan yang ada di Indonesia salah satu daerah yang memiliki angka kemiskinan yang cukup tinggi adalah Kota Yogyakarta. Beberapa inovasi terus dilakukan untuk mengurangi angka kemiskinan salah satunya adalah inovasi Gandeng Gendong. Inovasi ini merupakan inovasi yang melibatkan lima stakeholder (Kota Korporasi Kampus Komunitas dan Kampung) dalam rangka percepatan penanggulanan kemiskinan dengan lebih menekankan pemberdayaan masyarakat peningkatan kesejahteraan dan kemajuan lingkungan di Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mencari tau pengaruh inovasi gandeng gendong terhadap kemiskinan di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengambilan data secara wawancara observasi dan studi dokumen. Responden wawancara diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Inovasi daerah melalui program gandeng gendong berperan penting dalam memberdayakan dan menurunkan jumlah masyarakat miskin (2)Inovasi ini secara efektif berhasil meningkatkan kesejahteraan dan (3)Inovasi ini berhasil menciptakan kemandirian usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 03:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262434

Actions (login required)

View Item View Item