Metode pembelajaran di luar kelas berbasis potensi wilayah sebagai sarana pembelajaran kecakapan hidup di SLTP Negeri 1 Pujon Kabupaten Malang oleh Hanafia Al Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran di luar kelas berbasis potensi wilayah sebagai sarana pembelajaran kecakapan hidup di SLTP Negeri 1 Pujon Kabupaten Malang oleh Hanafia Al Faruq

Faruq, Hanafia (2010) Metode pembelajaran di luar kelas berbasis potensi wilayah sebagai sarana pembelajaran kecakapan hidup di SLTP Negeri 1 Pujon Kabupaten Malang oleh Hanafia Al Faruq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Potenswi ilayah merupakans esuatuy arrgj arangdimanfaatkand alam menunjanpge mbelajarabni ologi padas iswa.H al ini disebabkano leh sistem pendidikand i Indonesiay ang masihm empertahankanp embelajarank onvensional denganm etodec eramahd alam kelas sebagasi arananyaH. al ini berakibats iswat idak mengenadle nganb aik potenswi ilayahd i sekitarnyaK. ecakapanh idupm erupakan salahs atuh asilb elajary angd iharapkano leh kurikulumb erbasisk ompetens(iK BK). Kecakapahni dup seringkali tidak terpenuhid alam prosesb elajarm engajard i sekolahH. al ini disebabkano leh keterbatasanp engalamanb elajary ang disediakan gurus elamaP BM. Salahs atu metodep embelajarany ang dapatd igunakanu ntuk memanfaatkapno tensiw ilayah sebagapi enunjangm ateri biologi sekaligusm trmpu menyediakapne ngalamanb elajary ang memunculkank ecakapanh idup padas iswa adalahm etodep embelajaradni luar kelas. Penelitiand ilakukand enganm elaksanakapne nelitiant indakank elasy ang bertujuanu ntuk menerapkanm etodep embelajarand i luar kelasd alamP BM untuk memunculkakne cakapanh idup siswad enganm emanfaatkapno tenswi ilayah.H al ini berdasarkahna sil angketk epadas iswak elasI dan II sertag uru SLTP Negeri I PujonK ab. Malang yang menyebutkanb ahwap embelajaranm asihb anyakd ilakukan di dalamk elasd an pengalamanb elajard ari luar kelasb elum pemahm erekal akukan. Penelitianti ndakank elasi ni dilakukand i SLTPN egeriI PujonK ab. Malang dengans ubyekp enelitians iswak elasI A. Penelitianin i terdiri atas2 siklust indakan yangm asing-masinsgi klust indakand ilakukanm elaluiI siklus belajar.P enelitian dilaksanakapna dat anggal9-21A gustus2 004. Kecakapanh idup yang muncul selamaP BM dikategorikank e dalams ub vwiabel personal skill thinking skill social skill acsdemic skill dan vocqtional skill ditentukanm elalui instrumenu tamab erupap edomanp engamatanD. ilakukanj uga penghitunganke berhasilanti ndakanb erdasa an perolehanh asil belajarb erupap re testd anp ost test sebelumd an sesudahp emberiantindakans ertaa ngkit sisway ang menunjukkanm otivasi siswas elamap emberiant indakans ebagadi atap enunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama pemberian tindakan muncul kecakapanh idup padas iswa.P adak eduas iklus tindakan d iketahuim unculnya kecakapanh idup siswa dalamk ategori baik dengana danyap eningkatanp ersentase keberhasilaryya itu 67 85%p adas iklust indakant ahapI dan7l 43Yop adas iklus tindakan tahap II. Dari segi hasil belajar juga terlihat adanya peningkatarl dimana padas iklus tindakant ahap 2l 9yo siswam encapaki etuntasanb elajars ecara klasikaf meningkat menjadi 85 36% pada siklus tindakan tahap II. Berdasarkan jawaban angket diketahui bahwa motivasi siswa juga meningkat. siswa juga lebih mengenapl otensiw ilayahs ekitarnya. Berdasarkahna silp enelitianin i disarankank epadag uru biologiu ntuk menerapkapne mbelajaradni luar kelasd enganm emanfaatkapno tenswi ilayah iii 1V dalamm enyampaikamn ateri biologi. Selaini tu perlu dilakukanp enelitians ejenis pda konsep-konsbeipo logi yang lain gunam engetahuki eberhasilapne nggunaan nctodep embelajaradni luar kelasb erbasisp otensiw ilayah dalam membangun lecakapahni dup siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26243

Actions (login required)

View Item View Item