Pengaruh alat pembayaran non tunai terhadap tingkat inflasi di Indonesia / Jihan Lucky Soraya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh alat pembayaran non tunai terhadap tingkat inflasi di Indonesia / Jihan Lucky Soraya

Soraya, Jihan Lucky Soraya (2022) Pengaruh alat pembayaran non tunai terhadap tingkat inflasi di Indonesia / Jihan Lucky Soraya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel suku bunga volume transaksi kartu debit volume transaksi kartu kredit dan volume transaksi e-money terhadap inflasi yang ada di Indonesia pada tahun 2016-2020. Permasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah adanya research gap dengan penelitian terdahulu yaitu fenomena covid-19 yang terjadi di Indonesia dan menjadi salah satu faktor dari peningkatan pembayaran non tunai. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder berbentuk time series pada periode Januari 2016-Desember 2020. Analisis yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda dengan pendekatan Error Correction Model (ECM) selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas uji multikolinearitas uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel suku bunga dan variabel volume transaksi kartu debit berpengaruh secara positif dan signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang sedangkan variabel volume transaksi kartu kredit dan variabel volume transaksi emoney berpengaruh negatif dan signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil dari setiap variabel independen terhadap variabel dependen inflasi memiliki perbedaan karena adanya perubahan kondisi ekonomi di Indonesia yang terjadi di setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262402

Actions (login required)

View Item View Item