Factors affecting inflation in 59 countries in the world during 2016-2020 / Brina Inelia Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Factors affecting inflation in 59 countries in the world during 2016-2020 / Brina Inelia Abidin

Abidin, Brina Inelia (2022) Factors affecting inflation in 59 countries in the world during 2016-2020 / Brina Inelia Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi pada 59 negara di dunia selama 2016-2020. Penelitian ini penting dilakukan karena inflasi diketahui memiliki peranan yang penting dalam perekonomian negara di seluruh dunia. Pada perekonomian inflasi dapat memberikan dampak terhadap kondisi agregat makro ekonomi seperti terhadap pertumbuhan ekonomi keseimbangan eksternal distribusi pendapatan dan daya saing. Selain itu inflasi juga memiliki hubungan dengan kemiskinan. Maka dari itu menjaga stabilitas inflasi merupakan hal yang perlu untuk dilakukan agar masyarakat suatu negara dapat hidup dengan layak. Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi inflasi. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari sektor moneter seperti uang beredar suku bunga dan juga nilai tukar. Pada penelitian ini dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi pada 59 negara di dunia selama 2016-2020. Secara khusus digunakan 3 variabel independen sebagai proksi dari faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi yaitu jumlah uang beredar suku bunga dan nilai tukar. Serta selanjutnya digunakan variabel dependen yaitu inflasi. Metode yang digunakan ialah regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suku bunga dan nilai tukar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap inflasi. Sedangkan jumlah uang beredar tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 07:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262373

Actions (login required)

View Item View Item