Analisis konsumsi pangan rumah tangga sumber karbohidrat di Provinsi Jawa Timur tahun 2016-2019 / Adila Retno Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis konsumsi pangan rumah tangga sumber karbohidrat di Provinsi Jawa Timur tahun 2016-2019 / Adila Retno Pratiwi

Pratiwi, Adila Retno (2021) Analisis konsumsi pangan rumah tangga sumber karbohidrat di Provinsi Jawa Timur tahun 2016-2019 / Adila Retno Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menindaklanjuti program ldquo Diversfikasi Pangan rdquo yang merupakan program dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Provinsi Jawa Timur mulai menggerakkan program diversifikasi pangan untuk mendorong ketersediaan dan konsumsi pangan sehingga tercapai pola konsumsi pangan masyarakat yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh produksi padi produksi jagung dan produksi ubi kayu terhadap konsumsi beras masyarakat di Provinsi Jawa Timur tahun 2016-2019. Data penelitian yang digunakan yaitu data sekunder peneliti menggunakan data yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa teknik analisis regresi linear berganda data panel dengan menggunakan alat bantu statistik STATA 16. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang produksi pasi (X1) produksi jagung (X2) produksi ubi kayu (X3) dan konsumsi beras (Y). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil (1) Produksi padi (p gt t 0.000 lt alpha (0 05) dengan nilai coefficient sebesar 0 1077437) terdapat pengaruh positif signifikan produksi padi terhadap konsumsi beras (2) Produksi jagung (p gt t 0.000 lt alpha (0 05) dengan nilai coefficient sebesar -0 0003344) terdapat pengaruh negatif signifikan produksi jagung terhadap konsumsi beras (3) Produksi ubi kayu (p gt t 0.000 lt alpha (0 05) dengan nilai coefficient sebesar 0 0130394) terdapat pengaruh positif signifikan produksi ubi kayu terhadap konsumsi beras. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh produksi padi produksi jagung dan produksi ubi kayu terhadap konsumsi beras masyarakat di Provinsi Jawa Timur. Dalam penelitian ini penulis memberikan saran agar pemerintah dapat mengupayakan untuk mencapai diversifikasi pangan dengan memberikan edukasi sosialisasi serta kampanye kepada masyarakat dan juga melakukan kerjasama serta koordinasi dengan berbagai pihak (pimpinan formal maupun non formal).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262372

Actions (login required)

View Item View Item