Penerapan CTL dalam meningkatkan pembelajaran biologi dalam pokok bahasan sistem koordinasi pada siswa kelas II SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Idah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan CTL dalam meningkatkan pembelajaran biologi dalam pokok bahasan sistem koordinasi pada siswa kelas II SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Idah

Idah (2010) Penerapan CTL dalam meningkatkan pembelajaran biologi dalam pokok bahasan sistem koordinasi pada siswa kelas II SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Idah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagaui payat elahb anyakd ilakukanu ntuk meningkatkanh asilb elajar siswad i sekol-ahs a lahs atu upayuyangdilakukaand alahm enerapkabne rbagai pendekatadna n metoded alam pembelaiaranP endekatand an metodey ang iit.ruptun olehg urud alamp rosesp em6elajaramn emiliki perananp enting dalam r.n.ntukun keberhasilansi iwa. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahui p ningkutunp embelajaranB iologi melalui pembelajarans ecarak ontekstual (crl/ ViirTr A Teaching anld.e arniig)yang dalamp elaksanaannytear diri dari empat tafrupV uitu t ahape lsplorasi/pendahuluatnlh ut eksplanasi/inttia hap elspansi/pemantapadna n tahape valuasi/penilaian SuUyetp enelitiana dalahs iswak elasI I.6 SMA Laboratoriumu niversitas Negeri Maiang yang berjumlah 45 siswa terdiri dari 21 orang siswa pltf dan24 ot il rir pitiu. i n iitiun melaluip embelajarakno ntekstua(lC TLI Contextual iriiniig o a Learning)i ni menerapkapne ndekatanku alitatif dengan jenis ftn fitii n tindakant etas err). rafrapln alrpan dalamp enelitian ini sesuai Lngun tahapan-tahapadna lamP TK yaitu ( l) perencanaatnin dakan ( 2) p.iiir tindakan ( 3) observasid an( 4)refleksi. Penelitianin i dilaksanakan ctalam duas iklus.P ada riklur p ttu a pembelajaraBn iologi dilaksanakan denganm enerapkamn etodep embelajaradni skusid anp resentasSi. edangkan pada Stii. f.Ao .inerapkan metodep embelajarapnr alrfkum dant anya jawab HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembeldjaranBiologipadasiswa kelasI L6 SMA Laboratoriumi niversitasN egeriM alangm engalampi eningkatan. Hal ini ditunjukkano leh peningkatanm otivasid anp restasbi elajars isrvaP- restasi Ueta.lasri swas etelahm elaksanikank egiatanp embelajaraBn iologi-padas iklusI telai menunjukkana danyap eningkatanP. adan ilai pre-tesyt angd iberikano leh gurus eUelump elaksanaanp embelajaranp adas iklus I memiliki rata-ratak elas7 4 iedangkanp adan ilai post-tesyt angdiberikano _lehg urup adaa khir pelaksanaan b irj pada siklus I mencapai rata-rata -S0 Ini menunjukkan bahwa ada peningtataop iestaslb elajars iswasetelahp elaksanaapne mbelajaraBn iologi pada rifr i. Keteiampilanp rosess iswap adas iklusI ini meliputi keterampilans iswa dalamm elakukank egiatand iskusid anp resentasDi. atay angd iperoleh menunjukkank emampuans iswad alamm elakukank egiatand iskusid ar presentasi .ut upboin Hal ini diiunjukkand engann ilai yangb erhasild icapai- olehs iswa yaitu dalam melakukan fegtatan diskusi mencapai skor tertinggi 82 5% dan mencapasik ort ertingg8i 1 87od alarnr nelakukakne giatanp resentas-t Padas iklusl I nilai pre-tesst iswam emiliki rata-rata4 2 48 s edangkan rata-ratanilapi ost-tesst iswa7 8 85.B erdasarkadna tad i atasm enunjukkanb ahwa padas iklusI I ielah mengalampi eningkatanp restasbi elajars iswa.K eterampilan I prosess iswas elamap elaksanaasni klusI I cukupb aik. Hal ini dapatd iketahuid ari nilai yangb erhasild iperolehs iswad alamm elakukank egiatanp raktikum.P ada kegiatanp raktikum s iswab erhasilm encapasi kort ertinggi9 5 8o/oD.a ri hasil penelitiante rsebudt apatd itarik kesimpulanb ahwap enerapanp embelajaran kontekstua(l CTLI Contextual Teachinga nd Learning) dapatm eningkatkan pembelajaraBni ologi siswak elasI I.6 SMA LaboratoriumU niversitasN egeri Malangp adas ubpokokb ahasanS istemI nderad an SistemH ormonp adaM anusia. Berdasarkanh asil penelitian di atas m aka sarany ang dapatd iajukan yaitu (1) pembelajaraBn iologi denganp enerapanp embelajarakno ntekstua(lC TU ContextualT eachinga nd Learning) dapatd ijadikan alternatifbagi guru untuk meningkatkapne mbelajaraBn iologi (2) dilakukanp enelitianl ebih lanjutt entang pelaksanaanp embelajarank ontekstual( CTL/ ContextualT eachinga nd Learning) padam ateriy angb erbedak elasy angb erbedad anj enjangp endidikany ang berbeda( 3 ) sekolahh arusd apatm enyediakanfa silitasb elajary angm enunjang palaksanaapne mbelajarakno ntekstua(lC TLI ContextualT eachinagn d Learning). ll

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item