Penggunaan ketrampilan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan ketrampilan

Ifa, Nur (2010) Penggunaan ketrampilan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Observasai wal yangd ilakukanp enelitit anggall 9 sampadi engan2 l Februari 2004d i SMU Negeri7 MalangkelasI danj uga melakukanw awancarad engang uru matap elajaranb iologi menunjukkan(l ) Siswas eringb erbicaras endirik etikap roses belajarm engajabr erlangsuns( 2) Siswam asihk uranga ktif bertanya( 3 ) siswa suka bennain-mnin sendiri dengan alat tulisnya (4) siswa mudah lupa pada materi yang dipelajarik arenam ateri yang diajarkank urangb erkesan( 5) Metodey ang digunakan gurua dalahm etodec eramahd and iskusi ( 6) Interaksib elajarm engajarm asihk urang sehinggtae rjadii nteraksis atua rah.H al tersebudt idugas ebagapi enyebabke sulitan siswa dalam mempelajari konsepkonsep biologi. untuk mengatasi permasalahan yang timbul nraka perlu dicari altematif cara lain yangMwtmelibatkan siswa berparsitipasai lf ifselama prosesb elajarm engajarb erlangsungs. alah satuc aftrnya adalahm engembangkakne terampilanp ertanyaand enganb erbagaki eterampilan bertanya. Denganm engajukanp ertanyaany ang menggunakank eterampilanb ertanya diharapkang urud apatm endorongm embimbingm enilai k emampuanb erpikir siswq dan mengantarkans iswa untuk berpikir kritis lreatif dan siswaa ktif seria bebasm engemukakapne ndapatnydaa lamp rosesd anh asilb elajar. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahu(il ) Keaktifans iswad alamb elajar mengajar( 2 ) Hasil belajarb iologi (3) Kemampuang urum engajaBr iologi (a) Hambatan-hambatayna ng ditemui oleh guru dan siswad alam penggunaan keterampilanb ertanya.P okok bahasanp adas iklus t ade.lahk onsepe kologi dan siklus II adalah konsep aksi interaksi. Dalamp enelitianin i digunakanp endekataknu alitatifdenganjenisp enelitian tindakank elas( PTK) yangt erdiri dari 2 siklust indakan.S ubyekp enelitiana dalah siswa kelas 1.2 sMU Negeri 7 Malang. Prosedur pengumpulan datayangdigunakan adllah observasi wawancar4 tes tertulis siswa dan perekam suara (kaset). Data yang terkumpul dianalisis secara deskripif dan hasil belajar siswa dianalisis untuk mengetahuni ilai rata-ratak elasd an persentases isway ang mencapaik etuntasan belajar. Hasil penelitianm enunjukkant erdapatp eningkatank eaktifan siswa kg.qampuang uru mengajard an hasil belajar siswaa ntaras iklus I dan siklus II yaitu (1)r-eaktifans iswa( aktivitass iswas ebanyak1 3 4% keinginamn enjawabs ebanyak 8 47o/doa nk einginanb e(anyas ebanyak3 go/o)( 2 ) Kemampuang urud alamm engajar padas iklusI gurub elumm elakukan3 aspekk egiatanp embelajarans e dangkapna da siklusI I gurus udahm elakukans emuaa spekk egiatanp embelajaran(3 ) Hasil belajar siswam eningkast ebesa2r 9 (4) Selamap rosesb elajarm engajatre rdapt hambatanhambatany ang ditemui dalam penggunaank eterampilanb e(anya baik padag uru maupunp adas iswa.H ambatan-hambattaenr sebuyt aitu guruk esulitanm enyusun pertanyaatnin gkatk oglitif tinggi dan kesulitand alamm emberikantu ntunan sedangkasni swak esulitanm engkomunikasikaunn tukm enyimpulkanm aterid an membuangra sam alu dan takut salahp adas aatb ertanyad an menjawabp ertanyaan. Hambatan-hambataitnu berusahad iminimalkan dan diatr i padas etiapp ertemuan dari masing-masings iklus agar dapatm ernperlancapr rosesb elajarm engajar. Berdasarkanh asil penelitiani ni disarankana garp arag uru dapat memanfaatkakne terampilanb ertanyad i dalam pembelajarand i kelas s ehingga prosesb elajar mengajard an hasil belajarb iologi lebih meningkat.S elaini tu dapat. memanfaatkana hnya variasi metodep embelajarany ang dapatd ikaitkan dengan keterampilanb ertanyau ntuk meningkatkank eaktifan dan pengalamans iswad alam prosebs elajarm engajaur ntukm enerapkapne ndekatakno ntekstuadla lamm enunjang nelaksanaaKnB K. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26234

Actions (login required)

View Item View Item