Keragaman ploidi ikan gathul (poecilia reticulata) dan ikan wader (mystacoleucus marginatus) dan aplikasinya untuk pengajaran genetika oleh Yunik Pujiastuti

Pujiastuti, Yunik (2010) Keragaman ploidi ikan gathul (poecilia reticulata) dan ikan wader (mystacoleucus marginatus) dan aplikasinya untuk pengajaran genetika oleh Yunik Pujiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ayala,d kk. (1984)m elaporkanb ahwa4 76/od ari tumbuhanb erbiji tertutup (Angiospermae) tergolong poliploid alami, sedangkan pada hewan jarang ditemukan. Klug dan Cummings (2000) juga menyatakan bahwa kebanyakan spesiesh ewanp oliploid memangja rang dijumpai,k ecuatip adak elompokk adal, amfibi dan ikan. Poliploidi alami dapat terjadi karena; peristiwa somutic doubling, yaitus el-selm eristematikm embelahd engant idak teratur;d ana danyap embelahan reduksis clirmam eiosisy ang tidak teratur( Cardncr,d kk., 199l) . Ayala, dkk. (1984) menjelaskanb ahwa poliploidi dapat juga terjadi karena penggandaan kromosomd i dalanrs el-sesl onratiks ccaras pontanK. ajianp oliploidia lamip ada spesiesl kan cypris, khususnyap ada ikan gilhul (I'>occiliur eticulatu) dan ikan wader{ Arl)tstaae ucusn nrginulus)b elumd ilaporkan. Penelitiani ni akan mengungkapd ua hal pokok yaitu untuk mengetahui kcragamanp loidi pada (l) ikan gathul (/bcciliu rcticuluu), (2) ikan wadcr (Iuly,rtacoteuus margirutur). Pemilihan kedua hewan tersebut didasarkan pada kenyataanb ahwah ewan-hewanit u banyak dan mudahd ijumpai di perairana lami. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Tingkat ploidi pada kedua ikan tersebut diungkap dengan metode tidak langsung yaitu dengan penghitungan jumlah nukleolus. Kajian ploidi ini dilakukan pada jaringan sirip dada dan sirip ekor. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa( l) tingkat ploidi padai kan gathul meliputi haploid, diploid, tdploid, dan tetraploid; (2) tingkat ploidi pada ikan wader meliputi haploid, diploid, dan triploid. Tingkat ploidi yang memiliki persentastee rtinggia dalahh aploid. Berdasarkahna silp enelitianin i terlihatb ahrvak eduajenisik ang athudl an ikanw aderd apatd igunakanu ntukk egiatanp raktikumg enetikak hususnyate ntang poliploidi. Akan tetapi ikan gathul lebih disarankan karena tingkat ploidinya lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26224

Actions (login required)

View Item View Item