Pengaruh e-wom terhadap purchase intention melalui brand trust (studi pada followers akun instagram somethinc) / Cindita Yudiska Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh e-wom terhadap purchase intention melalui brand trust (studi pada followers akun instagram somethinc) / Cindita Yudiska Novitasari

Novitasari, Cindita Yudiska Novitasari (2021) Pengaruh e-wom terhadap purchase intention melalui brand trust (studi pada followers akun instagram somethinc) / Cindita Yudiska Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASANNovitasari Cindita Yudiska. 2021. Pengaruh E-WOM Terhadap PurchaseIntention Melalui Brand Trust (Studi Pada Followers Akun InstagramSomethinc) Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc.Kata Kunci E-WOM Purchase Intention Brand TrustSaat ini skincare adalah hal penting untuk menunjang penampilan danmembantu merawat kulit agar sehat. Perkembangan skincare yang pesat membuatbanyak merek baru bermunculan. Media sosial juga memegang peran pentingdalam keseharian. Dengan ulasan di media sosial akan membantu konsumen dalammempertimbangkan suatu produk. Ketika konsumen tertarik produk tertentu makaakan berusaha untuk mencari tahu lebih. Lalu informasi tersebut akanmempengaruhi niat pembelian konsumen. Tingkat kepercayaan pada produk jugamengambil peran ketika konsumen menentukan produk yang diinginkan. Ulasanyang baik akan meningkatkan niat pembelian konsumen dan begitu sebaliknya.Kepercayaan pada produk juga mempengaruhi konsumen dalam menentukan niatbeli. Semakin tinggi kepercayaan maka semakin mempengaruhi niat belikonsumen. Ulasan di media sosial akan berpengaruh besar pada citra merek yangakan mempengaruhi tingkat percaya konsumen pada produk.Semua ulasan yang diterima dan dipelajari konsumen akan membawatingkat percaya konsumen yang akan berpengaruh besar pada niat pembeliankonsumen.Penelitian ini adalah penilitian kuantitatif dengan menggunakan desainpenilitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalahpurchase intention (Y) dan variabel eksogen adalah E-WOM (X) sedangkan untukvariabel mediasi adalah brand trust (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian inipada followers akun Instagram Somethinc. Sampel yang diambil dalam penelitianini sebanyak 235 responden yang dihitung menggunakan rumus Daniel amp Terrel.Kemudian uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas.Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Partial LeastSquare (PLS).E-WOM menghasilkan bahwa konsumen akan mempelajari ulasan sebelummelakukan pembelian. Purchase intention menghasilkan bahwa usaha Somethincmempengaruhi keyakinan konsumen melakukan pembelian. Brand trustmenghasilkan bahwa konsumen percaya Somethinc karena kualitasnya. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikanterhadap purchase intention kemudian brand trust berpengaruh positif dansignifikan terhadap purchase intention lalu E-WOM berpengaruh positif dansignifikan terhadap brand trust dan E-WOM bepengaruh positif dan signifikanterhadap purchase intention melalui brand trust.Konsumen seharusnya lebih mempelajari produk dari konten di media sosialsebelum membeli produk. Lalu perusahaan dapat memanfaatkan media sosial untukmengenalkan lagi kualitas produk mereka ke konsumen. Kemudian penelitiselanjutnya dapat meneliti dengan variabel lain yang mempengaruhi purchaseintention yaitu variabel brand image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262222

Actions (login required)

View Item View Item