Analisis retensi karyawan pada sentra industri kerajinan songkok di Gresik / Mauidhotul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis retensi karyawan pada sentra industri kerajinan songkok di Gresik / Mauidhotul Maghfiroh

Maghfiroh, Mauidhotul (2021) Analisis retensi karyawan pada sentra industri kerajinan songkok di Gresik / Mauidhotul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riset ini memiliki tujuan guna menganalisa retensi karyawan yang dilaksanakan oleh pengusaha songkok di Sentra Industri Kerajinan Songkok. Adapun fokus riset yaitu meliputi pola relasi retensi karyawan yang dilakukan oleh pengusaha songkok di Sentra Industri Kerajinan Songkok. Sentra Industri Kerajinan Songkok merupakan sebuah usaha jenis mikro yang bergerak dibidang produksi songkok. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada pengusaha songkok di Sentra Industri Kerajinan Songkok dikarenakan mayoritas penduduk Desa Bungah dan Desa Lumpur memproduksi songkok. Selain itu manajemen retensi karyawan yang dilakukan pengusaha songkok di Sentra Industri Kerajinan Songkok berhubungan dengan cara mengelola dan mempertahankan karyawan agar tetap loyal pada organisasi dan pekerjaannya. Riset ini memakai tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus. Data yang didapat peneliti secara langsung dengan wawancara dokumentasi dan observasi. Tahapan riset data yaitu reduksi data penyajian data dan pemberian simpulan. Pengecekan keabsahan data di riset ini memakai metode triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retensi karyawan dilakukan dengan memberikan bantuan finansial berupa pinjaman lunak dan ikut berpartisipasi dalam segala aktivitas karyawan. Selain program retensi yang dilakukan oleh pemilik juga didukung dari dalam diri pekerja masing-masing yaitu adanya niat untuk tidak meninggalkan organisasi dan pekerjaannya atau yang disebut intention to stay. Pola relasi yang ada antara pemilik dan pekerja hanya sebatas pekerjaan di bidang kerajinan songkok. Sedangkan antara pekerja satu dengan pekerja lain memiliki hubungan istimewa seperti hubungan kekeluargaan maupun hubungan pertemanan diluar pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262221

Actions (login required)

View Item View Item