Pengaruh celebrity endorser terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada mahasiswa pelanggan elektronik tokopedia di Kota Malang) / Ragil Dela Rahmani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh celebrity endorser terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada mahasiswa pelanggan elektronik tokopedia di Kota Malang) / Ragil Dela Rahmani

Rahmani, Ragil Dela (2021) Pengaruh celebrity endorser terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada mahasiswa pelanggan elektronik tokopedia di Kota Malang) / Ragil Dela Rahmani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin moderen membuat para produsen dari berbagai perusahaan mengharuskan lebih berinovasi dalam menjalankan bisnisnya baik itu dalam pembuatan produk ataupun dalam mengenalkan produk yang dijual. Dengan tujuan untuk menjadi unggul di antara kompetitor dan memenangkan persaingan di pasar. Dilihat dari fenomena yang banyak terjadi pada saat ini yaitu banyaknya bermunculan marketplace dimana orang-orang banyak menggunakannya sebagai sarana tempat belanja online maupun berjualan online. Salah satu online marketplace yang ada di Indonesia yaitu Tokopedia merupakan online marketplace yang cukup besar dan banyak diakses setiap bulannya. Dalam mengenalkan produk Tokopedia tentu saja kegiatan ini tidak lepas dari dukungan para public figure atau artis dalam pengiklanannya. Dampak lain dari pemilihan public figure yang tepat dalam mempromosikan sebuah produk yaitu terciptanya citra yang baik bagi merek ataupun perusahaan yang dipromosikan dan juga dapat menciptakan repurchase intention. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Celebrity Endorser terhadap Repurchase Intention melalui Brand Image. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori.Terdapat tiga jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen Celebrity Endorser(X) variabel dependen Repurchase Intention (Y) dan variabel intervening Brand Image(Z). populasi dalam penlitian ini adalah mahasiswa di Kota Malang yang pernah melihat iklan Tokopedia dengan celebrity endorser dan pernah melakukan pembelian di Tokopedia. Dan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 235 responden. Teknik analisi penelitian ini adalah analisi statistik dan Path analisis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menujukan bahwa celebrity endorser berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention kemudian celebrity endorser berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image lalu brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention melalui brand image. Dan Saran untuk perusahaan Tokopedia yaitu selalu menciptakan inovasi baru seperti memperluas lagi jaringan penjualan pemilihan public figure yang dinilai atau sekiranya dapat memberikan dampak yang kuat pada pembelian di Tokopedia dan selalu menjaga kepercayaan konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262217

Actions (login required)

View Item View Item