Pemodelan asosiasi snp gen spike dan orf1ab sars-cov-2 pasien indonesia / Dwi Mutya Nur Prajawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemodelan asosiasi snp gen spike dan orf1ab sars-cov-2 pasien indonesia / Dwi Mutya Nur Prajawati

Prajawati, Dwi Mutya Nur (2021) Pemodelan asosiasi snp gen spike dan orf1ab sars-cov-2 pasien indonesia / Dwi Mutya Nur Prajawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan pandemi Covid-19 dilaporkan terus mengalami mutasi. Tingginya laju mutasi SARS-CoV-2 dipengaruhi jenis materi genetik virus yang berupa SS RNA. Mutasi yang terjadi berpotensi memunculkan variasi baru dengan tingkat virulensi lebih tinggi dan mempengaruhi efektivitas vaksin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola rekombinasi dan perkembangan haplotype SARS-CoV-2 sampel Indonesia yang diharapkan dapat membantu mempercepat penanganan pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari GISAID dan NCBI. Genom SARS-CoV-2 dari Indonesia dan negara lain sebagai pembanding dipotong menggunakan aplikasi Bioedit untuk memperoleh sekuen gen Spike dan ORF1ab. Analisis SNP dan haplotype dilakukan menggunakan aplikasi Haploview. Hasil pemodelan SNP menunjukkan adanya rekombinasi beberapa variasi SARS-CoV-2. Hasil pemodelan haplotype menunjukkan hanya sebagian mutan dan rekombinan yang conserved. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa SARS-CoV-2 sampel Indonesia sudah mengalami mutasi dan rekombinasi namun hanya mutasi tertentu yang bertahan dan menyebar luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262212

Actions (login required)

View Item View Item