Pengaruh intensitas cahaya dan penambahan bakteri potensial terhadap pertumbuhan chlorella vulgaris b. / Mega Berliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intensitas cahaya dan penambahan bakteri potensial terhadap pertumbuhan chlorella vulgaris b. / Mega Berliana

Berliana, Mega (2021) Pengaruh intensitas cahaya dan penambahan bakteri potensial terhadap pertumbuhan chlorella vulgaris b. / Mega Berliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan energi bahan bakar di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Bahan baku dari bahan bakar fosil sangat terbatas sehingga diperlukan alternatif bahan baku biodiesel yang dapat diperbaharui seperti mikroalga Chlorella vulgaris. Intensitas cahaya dan nutrisi merupakan faktor penting yang harus dipenuhi dalam pertumbuhan mikroalga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas cahaya dan penambahan bakteri potensial terhadap pertumbuhan Chlorella vulgaris. Dua faktor perlakuan pada penelitian ini yaitu intensitas cahaya dan penambahan bakteri potensial dalam kultur Chlorella vulgaris B. selama 30 hari. Tiga taraf intensitas cahaya sebagai perlakuan adalah 2800 4600 dan 7400 lux sedangkan untuk penambahan bakteri potensial ada 2 taraf yaitu mono-culture (tanpa penambahan bakteri potensial) dan co-culture (dengan penambahan bakteri potensial yaitu bakteri penghasil IAA bakteri pelarut fosfat dan bakteri amilolitik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bakteri potensial dalam kultur Chlorella vulgaris B. tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan Chlorella vulgaris B. sedangkan intensitas cahaya berpengaruh. Intensitas cahaya 4600 lux memberikan pengaruh paling optimal terhadap pertumbuhan sel Chlorella vulgaris B.Interaksi antara intensitas cahaya dan penambahan bakteri potensial (co-culture dan mono-culture) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan sel Chlorella vulgaris B. Pertumbuhan Chlorella vulgaris paling tinggi terjadi di hari ke-26 dengan jumlah sel Chlorella vulgaris B. sebanyak 2 123 x 107 sel/mL pada perlakuan intensitas cahaya 4600 lux pada co-culture dengan bakteri penghasil IAA bakteri pelarut fosfat dan bakteri amilolitik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262203

Actions (login required)

View Item View Item