Uji aktivitas enzim selulase pada isolat bakteri selulolitik dari beberapa danau di Jawa Timur - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji aktivitas enzim selulase pada isolat bakteri selulolitik dari beberapa danau di Jawa Timur

Arifah, Ainun Nadzifatun (2022) Uji aktivitas enzim selulase pada isolat bakteri selulolitik dari beberapa danau di Jawa Timur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Danau merupakan salah satu bentuk perairan Indonesia yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia seperti sarana irigasi tempat wisata serta tambak ikan air tawar. Banyaknya aktivitas di sekitar danau menyebabkan masuknya bahan anorganik maupun organik seperti selulosa kedalam perairan yang dapat dimanfaatkan oleh mikroorganisme seperti bakteri selulolitik sebagai sumber karbon dan dapat menginduksi terbentuknya enzim selulase. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur aktivitas enzim selulase secara kuantitatif dari 47 isolat bakteri selulolitik yang berasal dari Ranu Grati Ranu Pani Ranu Regulo dan Telaga Ngebel. Pengujian aktivitas enzim selulase dilakukan dengan menggunakan metode DNS (Dinitrosalycylic Acid). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 47 isolat memiliki aktivitas enzim selulase sekitar 0.0071-0.0521 Unit/mL. Isolat bakteri Q yang berasal dari Ranu Pani memiliki aktivitas enzim tertinggi yakni 0.0521 Unit/mL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262202

Actions (login required)

View Item View Item