Adsorpsi zat warna metilen biru menggunakan zeolit alam dari Sumbermanjing Wetan Malang / Vivi Karmila Yessi - Repositori Universitas Negeri Malang

Adsorpsi zat warna metilen biru menggunakan zeolit alam dari Sumbermanjing Wetan Malang / Vivi Karmila Yessi

Yessi, Vivi Karmila (2022) Adsorpsi zat warna metilen biru menggunakan zeolit alam dari Sumbermanjing Wetan Malang / Vivi Karmila Yessi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Limbah zat pewarna yang dihasilkan dari sektor industri sulit untuk terdekomposisi secara alami sehingga dapat mengganggu ekosistem air. Salah satu zat pewarna yang sering digunakan adalah metilen biru. Metilen biru adalah senyawa organik heterosiklik yang stabil namun sulit terdegradasi dan berbahaya bagi lingkungan. Polusi air karena kontaminan organik merupakan masalah serius yang memerlukan adanya penanganan untuk mengurangi toksisitas dan sifat karsinogenik yang ditimbulkan. Berdasarkan beberapa metode penanganan limbah cair adsorpsi adalah salah satu metode yang banyak digunakan karena tekniknya yang sederhana dan ekonomis. Adsorben yang dapat digunakan salah satunya adalah zeolit alam yang merupakan salah satu komoditas mineral non logam. Zeolit alam memiliki luas permukaan spesifik yang kecil sehingga perlu dilakukan modifikasi untuk meningkatkan kapasitas adsorpsinya. Zeolit alam dapat dimodifikasi dengan perlakuan tunggal maupun kombinasi antara proses pemanasan dan modifikasi menggunakan senyawa asam basa dan garam anorganik. Pada penelitian ini digunakan zeolit alam Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang yang sudah teraktivasi sebagai adsorben limbah zat pewarna metilen biru. Zeolit alam diaktivasi secara kimia dengan menggunakan larutan NaOH 2 M. Karakterisasi dilakukan menggunakan X-ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui keberhasilan aktivasi kimia terhadap zeolit alam. Selanjutnya zeolit alam aktivasi digunakan sebagai adsorben zat warna metilen biru dengan memvariasikan waktu kontak massa adsorben konsentrasi adsorbat dan temperatur. Data berbagai variasi parameter dimanfaatkan untuk mempelajari model isoterm adsorpsi (isoterm adsorpsi Langmuir dan Freundlich) kinetika adsorpsi (orde satu semu dan orde dua semu) dan besaran-besaran termodinamika adsorpsi ( Ho So Go). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adsorpsi mengikuti model isoterm Freundlich kinetika adsorpsi terjadi pada orde dua serta proses adsorpsi berlangsung secara spontan teratur dan eksotermik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262200

Actions (login required)

View Item View Item