Pengaruh variasi waktu elektrodeposisi terhadap mikrostruktur, morfologi, dan absorbansi film cigs / M. Abid Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi waktu elektrodeposisi terhadap mikrostruktur, morfologi, dan absorbansi film cigs / M. Abid Wahyudi

Wahyudi, M. Abid (2022) Pengaruh variasi waktu elektrodeposisi terhadap mikrostruktur, morfologi, dan absorbansi film cigs / M. Abid Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan akan energi semakin hari semakin meningkat karena hampir semua peralatan yang menunjang kegiatan sehari-hari manusia menggunakan energi listrik. Sumber energi listrik dunia didominasi oleh fosil yang merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Dengan demikian diperlukan alternatif untuk menghasilkan sumber energi yang dapat digunakan secara massal dan dapat diperbaharui. Cahaya matahari merupakan sumber energi alam yang sangat melimpah dan tak terbatas. Indonesia merupakan negara tropis dengan lama waktu penyinaran matahari hampir 12 jam per hari. Sel surya berbasis material yang berstruktur kristal seperti CIGS (Coper Indium Gallium Selenium) sangat berpotensi besar menggantikan sumber energi fosil yang sifatnya terbatas. Optimasi solar sel CIGS dilakukan dengan metode elektrodeposisi. Elektrodeposisi dilakukan dengan mencelupkan elektroda berupa substrat ITO dan platina ke dalam larutan CIGS yang diberi tegangan -2 V. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh waktu elektrodeposisi terhadap sifat morfologi struktur dan absorbansi dengan variasi waktu deposisi yaitu 5 menit 10 menit 15 menit. Berdsarkan hasil karakterisasi SEM diperoleh informasi bahwa ukuran partikel CIGS pada permukaan substrat dapat terdeposisi secara merata dengan ukuran partikel yang semakin mengecil yaitu 0 76 0 68 dan 0 32 mu m. Dari analisis SEM juga didapatkan nilai porositas yang berbanding terbalik dengan ukuran partikel yaitu 59 28 64 05 dan 68 34. Lama waktu elektrodeposisi CIGS tidak banyak mempengaruhi absorbansi film yang berada pada rentang sinar UV yaitu 300 ndash 35- nm. Akan tetapi lama waktu elektrodeposisi ini menggeser band gap CIGS menjadi semakin besar seiring dengan lama waktu deposisi sebesar 3 66 3 71 dan 3 73 eV berturut-turut. Disamping itu lama waktu elektrodeposisi mengakibatkan meningkatnya intensitas puncak difraksi x-ray pada bidang hkl 211 dan 112 seiring dengan bertambahnya waktu elektrodeposisi yang mengindikasikan kristalinitas CIGS yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262177

Actions (login required)

View Item View Item