Perancangan film pendek biografi R.A. Kartini berbasis animasi 3 dimensi / Fransdita Muafidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film pendek biografi R.A. Kartini berbasis animasi 3 dimensi / Fransdita Muafidin

Muafidin, Fransdita (2022) Perancangan film pendek biografi R.A. Kartini berbasis animasi 3 dimensi / Fransdita Muafidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Raden Ajeng Kartini merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia yang memelopori perjuangan emansipasi wanita. Dia berusaha memberontak dari ikatan adat Jawa yang saat itu dianggapnya tidak adil. Dia menginginkan persamaan hak untuk kaum perempuan terhadap hak kaum laki-laki. Berkat pemikiran dan perjuangannya dalam menuntut persamaan hak Kartini telah mempengaruhi munculnya pergerakan-pergerakan kebangkitan nasional di Indonesia. Ada beberapa media yang menceritakan tentang kisah perjuangan Kartini. Sudah ada beberapa media yang ngisahkan tentang kehidupan dan perjuangan Kartini. Namun pada media-media tersebut ada beberapa yang memiliki visual yang kurang menarik alur yang sulit dimengerti dan bahkan ada yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Maka dari itu dibutuhkan media lain untuk menceritakan tentang kisah perjalanan hidup sebenarnya dari sosok seorang Kartini dengan alur cerita yang mudah dimengeri memiliki visual yang menarik. Salah satu media tersebut adalah animasi 3 dimensi. Model perancangan yang digunakan pada perancangan animasi 3 dimensi ini adalah model perancangan prosedural. Model perancangan prosedural bersifat deskriptif yang menggariskan langkah-langkah yang diikuti dalam menghasilkan sebuah produk. Langkah prosedural pada perancangan ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui wawancara pustaka dan dokumentasi. Kemudian dianalisis yang dan dijadikan konsep sebelum akhrinya menjadi sebuah produk. Perancangan ini menghasilkan film animasi 3 dimensi yang menceritakan tentang perjuangan Kartini yang dapat ditonton oleh anak-anak. Film animasi ini berformat HD 1280x720 pixel sebagai media utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262147

Actions (login required)

View Item View Item