Perancangan aplikasi mobile ‘folkids—cerita rakyat untuk anak' dengan kisah ‘watuwe si buaya ajaib' berbasis visual novel untuk anak-anak usia sekolah dasar / Aisa Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan aplikasi mobile ‘folkids—cerita rakyat untuk anak' dengan kisah ‘watuwe si buaya ajaib' berbasis visual novel untuk anak-anak usia sekolah dasar / Aisa Larasati

Larasati, Aisa (2021) Perancangan aplikasi mobile ‘folkids—cerita rakyat untuk anak' dengan kisah ‘watuwe si buaya ajaib' berbasis visual novel untuk anak-anak usia sekolah dasar / Aisa Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aplikasi Mobile adalah perangkat lunak yang berjalan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet PC. Aplikasi mobile berbasis Visual Novel yang merupakan hasil akhir dari perancangan ini bertujuan untuk menarik minat baca anak-anak terhadap cerita rakyat yang mulai tergeser akibat kemajuan teknologi. Melalui aplikasi mobile membaca cerita rakyat bisa menjadi lebih menarik karena bersifat interaktif. Cerita rakyat perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional bangsa khususnya siswa sekolah dasar sebagai generasi penerus bangsa (Parmini 2015). Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah modifikasi metode waterfall oleh Pressman yaitu adalah klasik yang bersifat sistematis berurutan dalam membangun software. Pengumpulan data berupa studi pustaka dan kuesioner kepada anak-anak usia 9-11 tahun yang menempuh pendidikan formal Sekolah Dasar sebagai target audiens Hasil akhir dari perancangan ini adalah aplikasi mobile berbasis Android. Aplikasi baca ini menyajikan cerita rakyat dengan animasi puppet narasi berupa moving teks dan mini games. Aplikasi ini tersedia fitur untuk memilih beberapa cerita rakyat akan tetapi untuk tahap awal pengembangan hanya cerita lsquo Watuwe si Buaya Ajaib rsquo yang digunakan. Media promosi aplikasi yang digunakan adalah feed Instagram story Instagram IGTV poster digital tas serut buku tulis gantungan kunci stiker kotak pensil tumbler kaos dan topi. Aplikasi mobile ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan demografi dan geografis Indonesia yang luas dengan sebaran jumlah anak usia Sekolah Dasar yang relatif tidak rata serta permasalahan kurangnya minat terhadap konten cerita rakyat dengan akses pemanfaatan media yang kreatif interaktif mudah dan murah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262141

Actions (login required)

View Item View Item