Pengembangan panduan teknik sosiodrama daring untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas x SMAN 10 Malang / Abda'u Bagas Tino</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan teknik sosiodrama daring untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas x SMAN 10 Malang / Abda'u Bagas Tino</p>

Tino, Abda'u Bagas (2021) Pengembangan panduan teknik sosiodrama daring untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas x SMAN 10 Malang / Abda'u Bagas Tino</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dengan konselor sekolah SMAN 10 Malang sebagian besar siswa kelas X diketahui memiliki masalah mengenai kecerdasan emosi. Untuk meningkatkan kecerdasan emosi membutuhkan media serta layanan yang sesuai contohnya sosiodrama. Dengan sosiodrama siswa akan mengalami pengalaman secara langsung dari drama yang diperankan dan berhubungan dengan permasalahan sosial mereka. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena melihat kebutuhan dari konselor dalam pemberian layanan sebelumnya yang kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan media baru yang menarik bagi siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosi yakni sosiodrama yang dipadukan dengan metode pembelajaran daring. Menghasilkan sebuah produk berupa buku panduan sosiodrama daring untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas sepuluh SMAN adalah tujuan dari penelitian dan pengembangan ini. Desain penelitian dan pengembangan ini menggunakan Research and Development(R amp D) menurut Borg amp Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan yang akan dipakai ada 6 yaitu mencakup (1) melakukan penelitian pendahuluan (2) mengembangkan produk awal (3) melakukan uji coba tahap awal (4) melakukan revisi terhadap produk awal (5) melakukan uji coba pengguna utama (6) melakukan revisi terhadap produk lanjutan. Instrumen dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket penilaian beserta inventori kecerdasan emosi. Masing-masing ahli penilaian memiliki latarbelakang yang sesuai dengan bidangnya serta calon pengguna produk yang sesuai dengan subjek penelitian yakni konselor yang menangani siswa kelas sepuluh. Hasil pengujian materi diperoleh skor rata-rata 3 71 dan 3 57 dengan skor reliabilitas antar rater 64% dari skor tersebut menunjukkan telah terjadi kesepakatan antara dua penguji materi kemudian dari hasil pengujian media diperoleh rata-rata 3 82 dan 3 91 dengan skor reliabilitas antar rater 74% yang menunjukkan telah terjadi kesepakatan antara dua penguji media berikutnya hasil pengujian calon pengguna produk dengan rerata 3 92. Hal ini menunjukkan buku panduan sosiodrama daring untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa SMA memiliki keberterimaan yang tinggi dan sangat layak digunakan. Bagi guru BK buku panduan sosiodrama dapat menjadi alternatif media layanan bimbingan yang menarik dan mudah diterapkan khususnya untuk kecerdasan emosi. Sebelum menggunakan buku panduan hendaknya guru BK mempelajari terlebih dahulu langkah-langkah dan materi kecerdasan emosi yang terdapat dalam buku panduan sehingga pemberian layanan meningkatkan kecerdasan emosi siswa SMA dapat digunakan seceara optimal. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan uji kelompok kecil atau penelitian eksperimen guna mengetahui keefektifan produk ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262109

Actions (login required)

View Item View Item