Pengembangan panduan permainan roda putar untuk mencegah perilaku konformitas negatis siswa SMP Negeri 4 Nganjuk / Muhamad Hilham Rizki Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan permainan roda putar untuk mencegah perilaku konformitas negatis siswa SMP Negeri 4 Nganjuk / Muhamad Hilham Rizki Aji

Aji, Muhamad Hilham Rizki (2022) Pengembangan panduan permainan roda putar untuk mencegah perilaku konformitas negatis siswa SMP Negeri 4 Nganjuk / Muhamad Hilham Rizki Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konformitas negatif adalah perilaku meniru lingkungan sosial yang bertujuan untuk menyesuaikan diri agar dapat diterima oleh kelompok namun perilaku tersebut mempunyai dampak negatif untuk individu. Hasil wawancara dengan konselor SMP Negeri 4 Nganjuk masih banyak siswa yang melakukan perilaku konformitas negatif contohnya perilaku membolos dan bullying. Konselor mempunyai peran dalam membantu siswa mencegah perilaku konformitas negatif salah satunya adalah memberikan layanan bimbingan. SMP Negeri 4 Nganjuk masih kurang memiliki media yang mendukung dalam proses layanan bimbingan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan menghasilkan media roda putar yang diaplikasikan dalam layanan bimbingan untuk mencegah perilaku konformitas negatif siswa. Penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan dari (Borg and Gall dalam Sugiono 2017) dengan lima tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draft produk penilaian produk atau uji ahli dan revisi produk. Pengumpulan data diambil dari hasil wawancara dengan konselor sekolah pengamatan peneliti dan studi literatur. Produk awal dinilai oleh dua ahli materi dua ahli media dan dua calon pengguna. Analisis data mengunakan data kuantitatif dengan inter-rater agreement model dari Gregory (2015) yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata menggunakan kesepakatan rater. Sebuah produk dinilai sangat baik jika nilai kesepakatan raternya dalam rentang 0 76 sampai 1 00 dan untuk menganalisis data dari para ahli terkait saran dan masukan berupa data kualitataif atau deskripsi. Hasil penilaian dan analisis data yang diperoleh dari dua ahli materi mendapat indeks validitas 1 00 dari dua ahli media mendapat indeks validitas 1 00 dan dari dua calon pengguna mendapat indeks validitas 1 00 yang berarti masuk dalam kategori tinggi. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa prototipe media roda putar dan buku panduan memenuhi aspek ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Tetapi media dan buku panduan ini masih berbentuk protopite dikarenakan masih belum diuji efektivitas ke siswa. Keberterimaan media ini menunjukkan bahwa produk media roda putar dan buku panduan layak dijadikan alternatif dalam memberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelompok yang bertujuan menciptakan kemenarikan dalam layanan dan mencegah perilaku konformitas negatif siswa SMP Negeri 4 Nganjuk. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menjadikan sebagai acuan untuk menguji keefektifan media roda putar sebagai media mencegah perilaku konformitas negatif siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262052

Actions (login required)

View Item View Item