Pengembangan meida bimbingan dalam bentuk video edukasi cara berinteraksi dengan siswa tunarungu di SMK Negeri 2 Malang / Defi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan meida bimbingan dalam bentuk video edukasi cara berinteraksi dengan siswa tunarungu di SMK Negeri 2 Malang / Defi Ratnasari

Ratnasari, Defi (2021) Pengembangan meida bimbingan dalam bentuk video edukasi cara berinteraksi dengan siswa tunarungu di SMK Negeri 2 Malang / Defi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media video edukasi cara berinteraksi dengan siswa tunarungu didasarkan pada belum adanya media tersebut di sekolah serta hasil need assessment yang dilakukan pada siswa reguler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media bimbingan berupa video edukasi cara berinteraksi dengan siswa tunarungu dan buku panduan sebagai acuan dalam menggunakan media video edukasi tersebut. Aspek keberterimaan media tersebut diuji secara teorik oleh ahli terkait dan secara praktis oleh calon pengguna. Prosedur penelitian dan pengembangan dilakukan dengan pengumpulan data awal perencanaan pengembangan media format awal uji coba produk dan revisi. Data yang dihasilkan berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistika deskriptif prosentase. Data kualutatif dianalisis seacara deskriptif interpretatif. Hasil peilaian video edukasi ahli materi media dan calon pengguna menunjukkan rata-rata prosetase ketepatan sebesar 82 5% kegunaan sebesar 84% kemudahan sebesar 83% dan kemenarikan sebesar 83%. Sedangkan hasil penilaian buku panduan mendapatkan rata-rata prosentase ketepatan sebesar 80% kegunaan sebesar 95% kemudahan sebesar 95% dan kemenarikan sebesar 94%. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media dan buku panduan tersebut telah memenuhi syarat keberterimaan dan layak digunakan sebagai media penunjang dalam pemberian layanan bimbingan di sekolah. Media ini belum diuji efektivitasnya sehingga konselor dapat mengujinya saat menerapkan layanan di kelas. Konselor juga dapat berkolaborasi dengan guru inklusi untuk mengajarkan bahasa isyarat pada siswa. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262050

Actions (login required)

View Item View Item