Studi kasus penyesuaian diri siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Kota Malang menghadapi sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) selama pandemi covid-19 / Silmi Nurul Insani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus penyesuaian diri siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Kota Malang menghadapi sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) selama pandemi covid-19 / Silmi Nurul Insani

Insani, Silmi Nurul (2021) Studi kasus penyesuaian diri siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Kota Malang menghadapi sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) selama pandemi covid-19 / Silmi Nurul Insani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan pelaksanaan pendidikan dari tatap muka secara langsung menjadi daring (dalam jaringan) yang dilakukan di rumah dengan kesiapan guru dan siswa yang kurang menyebabkan adanya penurunan motivasi hingga siswa yang menghindar dari pembelajaran daring. Penelitian ini berfokus pada penyesuaian diri siswa kelas XII SMK Negeri 5 Malang dalam menghadapi pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dengan tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri siswa serta mengetahui faktor penghambat proses penyesuaian diri siswa dalam menghadapi kondisi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan dikaji menggunakan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menjadi tiga tahap yakni data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penyesuaian diri siswa kelas XII SMK Negeri Malang dalam menghadapi pembelajaran daring membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan perubahan situasi yang cukup signifikan dengan kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi situasi tersebut. Penghambat proses penyesuaian dikarenakan adanya faktor internal yaitu kurangnya motivasi siswa dan rendahnya kemampuan siswa dalam menggunakan pengalaman sebelumnya. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya pengawasan orang tua pembelajaran yang dilakukan kurang menarik dan tidak sesuai dengan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262041

Actions (login required)

View Item View Item