Proses pigmentasi selama regenerasi sirip kaudal ikan zebra (Danio rerio) / Dwi Candra Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pigmentasi selama regenerasi sirip kaudal ikan zebra (Danio rerio) / Dwi Candra Setiawan

Setiawan, Dwi Candra (2010) Proses pigmentasi selama regenerasi sirip kaudal ikan zebra (Danio rerio) / Dwi Candra Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawan Dwi Candra. 2010. Proses Pigmentasi Selama Regenerasi Sirip Kaudal Ikan Zebra (Danio rerio). Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Dwi Listyorini M.Si. D.Sc. (II) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Kata kunci ikan zebra pigmentasi regenerasi Ikan zebra merupakan salah satu anggota genus Danio. Ikan zebra telah digunakan sebagai ikan model untuk pengamatan proses regenerasi karena waktu regenerasi yang pendek bisa dipelihara dalam jumlah yang banyak dan tidak membutuhkan teknik pemeliharaan khusus. Ikan ini memiliki pola warna tertentu. Pola ini ditentukan oleh pigmen melanofor xanthofor dan iridofor. Pembentukan pola pigmen ini dikendalikan oleh beberapa gen. Diantara gen tersebut ada gen yang sama dengan gen pengendali pigmentasi pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati proses pigmentasi selama regenerasi sirip kaudal ikan zebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah sirip kaudal ikan zebra. Jenis sel pigmen yang diamati meliputi melanofor xantofor dan iridofor. Metode yang digunakan adalah dengan memotong dari panjang sirip kaudal dan mengamati proses pigmentasi selama regenerasi menggunakan mikroskop cahaya dengan perbesaran 40 kali serta dengan bantuan digital zoom kamera digital dalam pengambilan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pigmentasi sirip kaudal ikan zebra selama berlangsungnya regenarasi melalui empat tahap yaitu munculnya sel pigmen hitam (melanofor) secara menyebar dan merata di daerah blastema setelah proses penyembuhan luka selesai terbentuknya sel pigmen kuning (xanthofor) seiring dengan terbentuknya ruas jari-jari sirip kaudal terjadinya proses migrasi melanofor dari ujung distal ke arah proksimal untuk membentuk pola pigmentasi seperti semula. Proses ini selesai pada hari ke-55 setelah pemotongan sirip kaudal ikan zebra. Kesimpulan dari proses pigmentasi pada sirip kaudal ikan zebra adalah terjadi bersamaan dengan pembentukan blastema kemudian sel pigmen berproliferasi differensiasi dan migrasi sel pigmen serta pembentukan kembali pola pigmen seperti semula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item