Makna simbolik batik tulis motif mangga podang Kabupaten Kediri / Ratna Safira Nur Azzahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolik batik tulis motif mangga podang Kabupaten Kediri / Ratna Safira Nur Azzahra

Azzahra, Ratna Safira Nur (2022) Makna simbolik batik tulis motif mangga podang Kabupaten Kediri / Ratna Safira Nur Azzahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu batik Indonesia yang mengangkat potensi daerah adalah motif Batik Mangga Podang dari Kabupaten Kediri yang mana batik tersebut mengangkat potensi buah khasnya. Meskipun batik terus berkembang banyak orang yang belum mengetahui makna motif batik yang dapat dijadikan sebagai tuntunan hidup berperilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejarah karakteristik dan makna simbolik motif Batik Mangga Podang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian adalah motif Batik Mangga Podang diciptakan pada tahun 2013 oleh Bapak Adi Putra Wijaya warga asli Kabupaten Kediri yang mana ornamen buah Mangga Podang dan mahkota Sri Aji Jayabaya sebagai ornamen utamanya. Batik Mangga Podang memiliki karakteristik yang unik di dalamnya. Selain itu terdapat makna simbolik yang terkandung pada ornamen utama dan ornamen isen-isen yang dapat menjadi falsafah tuntunan berperilaku manusia. Rekomendasi yang penting dilaksanakan untuk peneliti selanjutnya adalah mengkaji eksistensi motif Batik Mangga Podang mengingat mudahnya budaya barat masuk ke Indonesia. Hal ini dikhawatirkan generasi muda Kabupaten Kediri melupakan budaya asli daerahnya yaitu Batik Mangga Podang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262036

Actions (login required)

View Item View Item