Implementasi nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler Kesenian Dongkrek di SMP Negeri 1 Mejayan / Flariska Ernanda Maiyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler Kesenian Dongkrek di SMP Negeri 1 Mejayan / Flariska Ernanda Maiyuni

Maiyuni, Flariska Ernanda (2022) Implementasi nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler Kesenian Dongkrek di SMP Negeri 1 Mejayan / Flariska Ernanda Maiyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berkembangnya globalisasi memberikan pengaruh besar terhadap pola pikir generasi muda. Maka dari itu globalisasi tidak dapat dihindari terutama dalam dunia pendidikan. Perkembangan globalisasi pendidikan tidak terlepas dari aspek kognitif afektif dan psikomotorik hanya saja porsi aspek afektif dan psikomotorik cenderung tidak sebanyak aspek kognitif. Aspek kognitif lebih memfokuskan pada knowledge afektif pada attitude dan psikomotorik pada skill. Proses belajar yang berkualitas tidak mengedepankan aspek kognitif saja tetapi juga memberikan porsi yang sama terhadap aspek afektif dan psikomotorik. Dengan demikian pendidikan dapat menumbuhkan jiwa yang berkarakter tinggi. Nilai-nilai karakter antara lain nilai religius nasionalisme kemandirian gotong royong dan integritas. Strategi pengembangan penguatan pendidikan karakter di sekolah salah satunya terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter dan menganalisis faktor pendukung serta faktor penghambat dalam ekstrakurikuler kesenian dongkrek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik snowball. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun yang dilaksanakan pada bulan Januari ndash Februari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dapat mengimplementasikan nilai ndash nilai karakter menghargai dan menghormati leluhur melestarikan kebudayaan daerah menyiapkan sarana dan prasarana secara mandiri tolong menolong dan disiplin. 2) Faktor pendukung meliputi orangtua mengizinkan siswa ikut berperan aktif dalam mengikuti ekstrakurikuler kesenian dongkrek. Siswa dapat menambah teman pengalaman dan wawasan yang luas. Faktor penghambat meliputi sarana dan prasarana kurang memadai seperti ruangan kurang luas dan banyak peralatan yang rusak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262033

Actions (login required)

View Item View Item