Peran dan strategi bumdes dalam pengembangan Wisata Taman Cengkok Asri di Kabupaten Nganjuk / Faizatul Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran dan strategi bumdes dalam pengembangan Wisata Taman Cengkok Asri di Kabupaten Nganjuk / Faizatul Mahmudah

Mahmudah, Faizatul (2022) Peran dan strategi bumdes dalam pengembangan Wisata Taman Cengkok Asri di Kabupaten Nganjuk / Faizatul Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wisata Taman Cengkok Asri merupakan salah satu wisata di kawasan kabupaten Nganjuk. Sejarah wisata ini didirikan dari hasil musyawah antara kepala desa dan juga masyarakat desa Cengkok dengan berbagai pro dan kontra. Pihak desa mempercayakan wisata Cengkok kepada BUMDES Cengkok Asri. Dengan pemanfaatan lahan desa dan dana dari BUMDES wisata ini memiliki perkembangan yang baik. Anggota BUMDES dalam melakukan pengembangan memiliki peran dan strategi yang sangat matang. Sehingga wisata Cengkok menjadi pusat icon desa yang menarik untuk dikunjungi baik masyarakat sekitar Cengkok maupun luar wilayah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penggunaan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi wawancara dan juga dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya BUMDES Cengkok memiliki peran dalam pengembangan wisata taman Cengkok yaitu meliputi peran penyadaran pengorganisasian masyarakat dan juga peran penghantaran Sumber Daya Manusia. Kemudian strategi yang digunakan oleh pihak BUMDES dalam melakukan pengembangan wisata dengan peningkatan keunggulan wisata penetapan biaya fokus peningkatan pengunjung. Sedangkan strategi khususnya meliputi kepuasan pengunjung dan juga peningkatan sarana dan pra-sarana. Rekomendasi yang diberikan bagi peneliti selanjutnya yaitu dengan mengkaji mengenai pengembangan desa wisata setelah diterapkannya peran dan strategi yang digunakan oleh pihak BUMDES agar lebih meningkatkan promosi lewat media sosial dengan kualitas gambar atau video yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262031

Actions (login required)

View Item View Item