Penerapan model pembelajaran picture and picture pada materi interaksi keruangan dalam kehidupan di Negara-Negara Asean untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik Kelas VIII H MTS Negeri 5 Nganjuk / Fatimatuzzahro Habibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran picture and picture pada materi interaksi keruangan dalam kehidupan di Negara-Negara Asean untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik Kelas VIII H MTS Negeri 5 Nganjuk / Fatimatuzzahro Habibah

Habibah, Fatimatuzzahro (2022) Penerapan model pembelajaran picture and picture pada materi interaksi keruangan dalam kehidupan di Negara-Negara Asean untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik Kelas VIII H MTS Negeri 5 Nganjuk / Fatimatuzzahro Habibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang logis yang memacu peserta didik supaya tuntas pembelajarannya. Proses belajar mengajar dalam penelitian ini dilaksanakan secara daring dengan beberapa alasan pada peserta didik kelas VIII H MTs Negeri 5 Nganjuk diantaranya covid-19 sedangkan peserta didik sebelum diberi penerapan model Picture and Picture nilai rata-rata belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS ruang lingkup materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara ASEAN melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture peserta didik kelas VIII H MTs Negeri 5 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan subyek dari peserta didik kelas VIII H pada semester ganjil MTs Negeri 5 Nganjuk. Setelah diterapkan model pembelajaran daring tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII H MTs Negeri 5 Nganjuk terhadap pokok bahasan hubungan ruang lingkup suatu aktivitas organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan instrumen tes kognitif dua siklus terdapat peningkatan nilai rata-rata posttest siklus I dan siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran daring model Picture and Picture mampu memberikan peningkatan hasil belajar terhadap kelas VIII H MTs Negeri 5 Nganjuk. Sebagai saran dari penulis bahwa untuk peningkatan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran secara daring menggunakan model Picture and Picture akan baik hasilnya bila dilakukan terhadap penelitian proses belajar mengajar bidang yang lain menggunakan Web Meeting sesuai kemampuan guru dan kapasitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262023

Actions (login required)

View Item View Item