Pengembangan media mobile learning untuk pelajaran fisika SMP kelas VII semester ganjil / Dewi Nur Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media mobile learning untuk pelajaran fisika SMP kelas VII semester ganjil / Dewi Nur Farida

Farida, Dewi Nur (2012) Pengembangan media mobile learning untuk pelajaran fisika SMP kelas VII semester ganjil / Dewi Nur Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Mobile Learning Mobile Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan mobile device dalam pembelajaran dimana siswa dapat mengakses materi arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu dimanapun dan kapanpun mereka berada. Mobile Learning diterapkan di SMP Negeri 9 Malang karena pada siswa kelas VII tingkat kepemilikan handphone lebih tinggi dibandingkan dengan kepemilikan komputer/laptop. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media mobile learning yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan serta dapat meningkatkan perhatian dan daya serap siswa dalam memahami materi pada pelajaran Fisika SMP Kelas VII Semester Ganjil sebagai sarana pembelajaran mandiri. Selain itu juga menguji kualitas produk yang telah dikembangkan. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data melalui metode tes sebagai instrumen pokok dokumentasi observasi dan angket sebagai instrumen pendukung. Media mobile learning ini divalidasikan oleh ahli materi 1 orang ahli media 1 orang dan audiens siswa sebanyak 38 orang. Hasil penelitian media mobile learning Fisika materi pelajaran Zat dan Massa Jenis ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 87 5% ahli materi 94 4% dan siswa perorangan 97 6% siswa kelompok kecil 92 3% serta siswa lapangan 92 07%. Hal ini menunjukkan bahwa media mobile learning memberikan efek positif terhadap keberhasilan pembelajaran yang nampak pada hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media mobile learning efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran pengembang adalah (1) bagi guru media mobile learning ini dijadikan sebagai media pembelajaran yang membantu guru dalam proses belajar mengajar (2) bagi SMP Negeri 9 Malang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengadaan sumber belajar di sekolah (3) bagi pengembang berikutnya hendaknya dikembangkan lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Akan lebih baik lagi jika pengembangan selanjutnya membuat aplikasi mobile online yang support dengan semua jenis handphone agar tercapai konsep mobile learning yang fleksibel dapat digunakan dimanapun dan kapanpun sehingga dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item