Makna simbolik dan urgensi "cepa dan tuak" dalam tradisi "tiba meka" pada masyarakat Manggarai / Maria Angelina Dalut - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolik dan urgensi "cepa dan tuak" dalam tradisi "tiba meka" pada masyarakat Manggarai / Maria Angelina Dalut

Dalut, Maria Angelina (2022) Makna simbolik dan urgensi "cepa dan tuak" dalam tradisi "tiba meka" pada masyarakat Manggarai / Maria Angelina Dalut. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tradisi tiba meka (tiba terima meka tamu) merupakan salah satu tradisi asli masyarakat Manggarai yang digunakan sebagai simbol penghormatan/penghargaan bagi tamu yang berkunjung ke wilayah Manggarai dan tradisi tersebut masih terjaga hingga saat ini. Tradisi masyarakat Manggarai diketahui tidak pernah terlepas dari ketersediaan cepa dan tuak yang terkandung makna simbolik didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana prosesi pelaksanaan tradisi tiba meka masyarakat Manggarai (2) bagaimana makna simbolik yang terkandung dalam cepa dan tuak (3) Bagaimana urgensi dari cepa dan tuak dalam tradisi masyarakat Manggarai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Desa La rsquo o Kelurahan Wali Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi studi pustaka wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengkajian reduksi triangulasi dan penarikan kesimpulan/Verifikasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) Prosesi pelaksanaan tradisi tiba meka yang terdiri dari tahap curu teing lalong bakok raes cama laing dan dialog (2) cepa mengandung simbol ungkapan selamat datang bagi tamu tuak mengandung simbol ketulusan dalam menerima tamu lalong bakok mengandung simbol pengharapan dari masyarakat kepada tamu agar memiliki hati yang suci dan bersih seperti ayam jantan putih yang diberikan dan tange sebagai wadah menaruh cepa (3) pentingnya keberadaan cepa dan tuak dalam tradisi tiba meka masyarakat Manggarai sebagai perwujudan sikap menghormati secara penuh dari masyarakat Manggarai kepada tamu yang memiliki kedudukan/jabatan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261934

Actions (login required)

View Item View Item