Rekacipta reyog santri ponorogo : analisis tentang Islamisasi Reyog Ponorogo / Naula Friska Meifika Lainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Rekacipta reyog santri ponorogo : analisis tentang Islamisasi Reyog Ponorogo / Naula Friska Meifika Lainah

Lainah, Naula Friska Meifika (2022) Rekacipta reyog santri ponorogo : analisis tentang Islamisasi Reyog Ponorogo / Naula Friska Meifika Lainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reyog menjadi salah satu kesenian budaya daerah di Kabupaten Ponorogo yang terkenal dengan hal-hal yang berbau mistik. Namun Mayoritas penduduknya beragama muslim serta memiliki banyak pesantren yang tersebar di segala penjuru kabupeten Ponorogo. menariknya pada tahun 2016 di gagaslah reyog versi santri yang kemudian disebut reyog santri. penelitian ini diambil karena belum adanya peneliti yang meneliti reyog santri di Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) dari observasi wawancara serta dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara serta analisis data secara seksama dalam pemilihan sampel didasarkan pada purposive sampling. Adapun hasil dari penelitian yaitu reka cipta reyog santri digagas guna memberikan pedoman bagi lembaga islam yang ingin melestarikan reyog ponorogo. proses reka cipta diantaranya kostum yang lebih mengutamakan menutup aurat narasi yang diberikan sedikit cuplikan ayat Al-Qur an alur cerita yang digunakan serta konsumen dari reyog santri. reyog santri mendapat dukungan dari berbagai pihak mulai dari seniman pemerintah maupun masyarakat. reka cipta reyog santri sebagai alternatif bagi lembaga-lembaga maupun sekolah islam yang juga ikut serta melestarikan reyog Ponorogo tanpa mengurangi maupun menghilangkan nilai-nilai maupun makna dari pada reyog itu sendiri. pelestarian reyog santri dilakukan dengan memberikan ekstrakurikuler bagi sekolah-sekolah maupun pesantren mendirikan sanggar reyog santri serta menampilkannya di desa-desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261933

Actions (login required)

View Item View Item