Implementasi ujian Madrasah di MA Miftahul Ulum Kalirejo Kabupaten Pasuruan / Dwi Marta Marwatul Wardah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi ujian Madrasah di MA Miftahul Ulum Kalirejo Kabupaten Pasuruan / Dwi Marta Marwatul Wardah

Wardah, Dwi Marta Marwatul (2021) Implementasi ujian Madrasah di MA Miftahul Ulum Kalirejo Kabupaten Pasuruan / Dwi Marta Marwatul Wardah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Evaluasi merupakan tolak ukur ketercapaian peserta didik dalam proses pembelajaran. Setiap lembaga pendidikan melaksanakan evaluasi dengan tujuan mengukur dan menilai ketercapaian kompetensi peserta didik sebagai acuan dalam peningkatan mutu pembelajaran mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran dan dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk selanjutnya. Salah satu model evaluasi pembelajaran yaitu Ujian Madrasah. Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kalirejo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terintegrasi dengan pondok pesantren sehingga mayoritas peserta didiknya merupakan santri yang bermukim di pondok. Bertempat di Desa Kalirejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya sebuah institusi atau lembaga pendidikan dalam melakukan penyesuian terhadap percepatan teknologi melalui implementasi ujian madrasah di MA Miftahul Ulum Kalirejo pada tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Proses pengambilan data dilakukan dengan observasi wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data yang sudah terhimpun kemudian dianalisis dengan reduksi data. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang upaya dan strategi yang dilakukan madrasah untuk menyesuiakan diri dengan percepatan teknologi melalui implementasi ujian madrasah di MA Miftahul Ulum mulai dari pra pelaksana hingga proses pelaksanaannya serta perspektif Robert K. Merton mengenai struktural fungsionalism dengan mengusung konsep fungsi dan disfungsi dari adanya implementasi yang dilakukan oleh madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261931

Actions (login required)

View Item View Item